Breaking News

Palapainfo.com Mengucapkan Selamat Hari Donor Darah Sedunia




Pemimpin Redaksi Media Online Palapainfo.com, Alimuddin, bersama jajaran pimpinan lainnya, para staf dan wartawan Median Online ini mengucapkan, Selamat Hari Donor Darah Sedunia, 14 Juni 2021.


Hari Donor Darah Sedunia diperingati setiap tahun. 2021 ini diperingati di tengah masa Pandemi Covid 19.


Tanggal 14 Juni ditetapkan sebagai Hari Donor Darah Sedunia oleh World Health Organization (WHO).



Tujuan dari penetapan hari raya tersebut, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di seluruh dunia akan pentingnya kesehatan, mendonor darah.


Sebagaimana dilansir laman resmi Nationaltoday sejarah pendonoran darah dimulai dari eksperimen seorang ilmuwan bernama Richard Lower. 


Ia mempelajari donor darah pada binatang dan berhasil melakukan transfusi darah kepada dua anjing.


Setelah ilmu pengetahuan tentang donor darah berkembang, ilmuwan bernama Karl Landsteiner membuat klasifikasi tentang pembagian darah manusia pada tahun 1901.



Pembagian darah itu disebut sebagai ABO human blood type. Pembagian darah tersebut dijadikan sistem untuk menentukan pendonoran darah di masa mendatang.


Peringatan Hari Donor Darah Sedunia berawal pada tahun 2000. Sejak tahun tersebut, Hari Donor Darah Sedunia terus diperingati setiap tanggal 14 Juni.


Melansir dari laman resmi WHO, tema yang diusung pada tahun 2021 adalah “Give blood and keep the world beating". 


Adapun esensi dari tema ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan kontribusi pendonoran darah agar dapat berguna bagi kesehatan masyarakat. (ibnu sultan)




Tidak ada komentar