Breaking News

Dewan Etik Dosen LLDIKTI IX Gelar Diskusi Menjaga Etika Integritas dan Moralitas Dosen



Suarapalapa.com, Makassar -- Dewan Etik Dosen  LLDIKTI IX Sulawesi menggelar diskusi kelompok terpumpun dengan mengusung tema, Menjaga Etika, Integritas dan Moralitas Dosen, selama dua hari, Kamis dan Jumat (10-11/12/2020) di Hotel Maxone Makassar.


Pada acara diskusi kelompok ini dibuka oleh Kepala LLDIKTI IX Sulawesi, Prof. Dr. Jasruddin, M.Si, didampingi Sekretaris LLDIKTI IX, Drs. Andi Lukman, M.Si dan Ketua Dewan Etik Dosen LLDIKTI IX, Prof. Dr. H. Ma'ruf Hafidz, SH, MH.


Prof. Jasruddin pada sambutan pembukaan mengatakan, kehadiran Dewan Etik LLDIKTI IX salah satu tugasnya adalah melakukan penyelarasan calon Guru Besar.


Kehadiran Dewan Etik ini jangan jadi penghambat tetapi melakukan kerja secara lebih cepat dengan tetap mengacu kepada aturan dan regulasi yang ada.


Kedepan kerja Dewan Etik dengan tugas penyelaras akan lebih dikembangkan pada etika moral integritas dan konten usulan jadi Guru Besar.


Dosen atau Guru Besar seharusnya berintegritas, moralitas dan beretika. Proses pembelajaran di kampus mencetak sumber daya dosen yang cerdas, jujur dan beretika.


Memasuki tahun 2021 Dewan Etik LLDIKTI IX akan diberi tugas baru, melakukan skrining bagi perpindahan dan peralihan dosen, kata Prof. Jas.


Apalagi dalam beberapa tahun terakhir ini cukup banyak peminat yang akan beralih jadi dosen dari instansi pemerintah dari luar Kemendikbud, katanya.


Ketua Dewan Etik LLDIKTI IX, Prof. Dr. H. Ma'ruf Hafidz, SH, MH, dalam sambutan pembukaan mengatakan, sejak diberi amanah Dewan Etik, ada beberapa laporan yang masuk dari masyarakat dan civitas akademika kampus.


Laporan yang masuk itu kemudian diproses dalam persidangan kode etik sebanyak dua kasus. 


Hasil sidang kode etik atas dua kasus yang telah disidangkan, telah diserahkan secara resmi kepada Sekretaris LLDIKTI IX, Andi Lukman dari Ketua Sidang Etik I dan II, Prof. Dr. H. Andi Muin Fahmal, SH, MH dan Prof. Dr. H. Hambali Thalib, SH, MH.


Saat penyerahan hasil sidang kode etik disaksikan Kepala LLDIKTI IX, Prof. Dr. Jasruddin, M.Si serta Ketua dan Sekretaris Dewan Etik, Prof. Dr. H. Ma'ruf Hafidz, SH MH dan Prof. Dr. Eliza Meiyani, M.Si.


Sekretaris LLDIKTI IX, Drs. Andi Lukman, M.Si, menyatakan guna meningkatkan pelayanan LLDIKTI IX kepada stakeholder maka dukungan dari Dewan Etik Dosen sangat dibutuhkan.


Materi dalam diskusi kelompok, Kebijakan Pembentukan Dewan Etik Dosen LLDIKTI IX oleh Prof. Dr. Jasruddin serta Kebijakan Perencanaan dan Pendanaan Kegiatan LLDIKTI oleh Drs. Andi Lukman, M.Si.


Selama diskusi kelompok ini dihadiri oleh para anggota Dewan Etik yang berasal dari beberapa kampus di wilayah kerja LLDIKTI IX. (yahya)


Tidak ada komentar