Breaking News

Sekda Soppeng Buka Muscab VI IBI Kab Soppeng 2020





Laporan : Amiruddin Baringeng


Suarapalapa.com, Soppeng -- Musyawarah Cabang (Muscab) VI Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Soppeng berlangsung di Aula Triple 8 Resto Watansoppeng, Sabtu, 10 Oktober 2020.

Sekda Kab. Soppeng, Drs. A. Tenri Sessu, M.Si membuka secara resmi Acara Musyawarah Cabang VI Ikatan Bidang Indonesia Kabupaten Soppeng yang dilaksanakan di AulaTriple 8 Resto pada Sabtu, 10 Oktober 2020.

Muscab yang mengusing tema : "Bidan Garda Terdepan Mengawal Kesehatan Material Neonatal Melalui GERMAS dan Pelayanan Berkualitas," ini, secara resmi dibuka oleh Sekda Soppeng, Drs. H. A. Tenri Sessu, M.Si.

Dalam sambutannya, Sekda menjelaskan, dipahami  bersama, kesehatan menjadi program unggulan Pemerintah Daerah sesuai dengan Visi Misi pembangunan Kab. Soppeng yaitu Pemerintahan yang Melayani dan Lebih Baik, tentu untuk mencapai semua itu diperlukan SDM  yang memiliki kemampuan dan kompetensi untuk mencapai itu, tentu didalamnya salah satunya adalah yang berprofesi bidan. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi upaya IBI yang turut berkontribusi dalam pelayanan kesehatan yang ada di Kab. Soppeng.

Tentu dalam pelaksanaan tugasnya, lanjut Sekda,  selaku pelayan masyarakat tentu memiliki standar pelayanan. Untuk itu pihaknya berharap, nantinya jadi corong terutama berkaitan dengan pelaksanaan protokol kesehatan, karena selaku Tim Gugus Tugas Covid 19 sudah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Alhamdulillah untuk fase ke-2 bisa diturunkan.

Semoga ini bisa dipertahankan, harap Sekda Soppeng ini. Karena, baginya, kunci dari semua itu adalah pelaksanaan protokol kesehatan. Oleh karena itu, ia berharap di luar profesi, di luar organisasi, selaku masyarakat Kab. Soppeng, jadilah corong pelaksanaan protokol kesehatan, terutama saat ini akan ada Pemilihan Kepala Daerah, selaku Pemerintah Daerah, pihaknya sudah mempersiapkan segala upaya untuk mengendalikan Covid-19 pada saat pelaksanaan Pemilu yang akan datang.

Pengurus Daerah IBI Sulawesi Selatan,  Hj. Suriani B, SKM, M.Sc, sapan sambutannya menyampaikan, IBI adalah organisasi profesi yang pengelolaannya diatur pada AD/ART dan keputusan - keputusan, semuanya berada di AD/ART. 

Kata dia, walaupun dalam menjalankannya, masih ada hal-hal yang perlu diperbaiki dan dikemas serta dikembangkan lagi, karena itu menjadi bagian dan tugas pengurus untuk memutuskannya di kemudian hari setiap melaksanakan rapat kerja nasional serta semua unsur-unsur yang menunjang, tidak perlu khawatir karena IBI selalu bekerjasama dengan organisasi profesi lainnya terutama  perawat dan organisasi kesehatan lainnya. 

Dikatakan, semua berjalan bergandengan dan dirinya yakin IBI Kab. Soppeng selalu berdampingan hangat dengan Kepala Dinas Kesehatan Kab. Soppeng untuk menghadap ke Bupati dan Unsur Pimpinan lainnya dan hari ini terbukti atas kehadiran Sekretaris Daerah Kab. Soppeng.

Dikatakan, dari sisi pelayanan menunjukkan beberapa fakta empiris bahwa Bidan memiliki peranan penting dalam meningkatkan akses terhadap pelayanan yang berkualitas. Namun perlu disadari bersama bahwa ke depannya masih banyak tantangan yang perlu dihadapi, salah satunya adalah, bagaimana liberalisasi pelayanan kesehatan saat ini di era digitalisasi, tapi tak perlu terlalu khawatir akan tantangan ini, kata Hj. Suriani. perlunya tetap mempersiapkan diri dan melakukan upaya-upaya penguatan profesi. Untuk meningkatkan profesi itu, salah satunya, melalui pendidikan, karena mutu profesi berawal dari pendidikan.

Ia menghimbau semua anggota untuk tetap mengawal organisasi ini menjadi organisasi yang berkualitas, berkembang serta menjadi organisasi yang diakui secara Nasional maupun internasional.

Ketua Pengurus Cabang IBI Kab. Soppeng, Anida, S.ST, M.Adm.Kes, dalam sambutannya, mengatakan, 

IBI Kab. Soppeng memiliki Anggota yang terdaftar dan aktif sebanyak 525 orang dengan 4 ranting, serta memiliki 1 Sekretariat yang berlokasi di Salotungo.

Dikatakan, Anggota IBI berpotensi besar dalam menunjang program Pemerintah Daerah khususnya dalam program Bidang Kesehatan yaitu bidang pelayanan Ibu dan anak serta pelayanan KB. 

Berdasarkan hal tersebut, lanjut Anida, maka sudah selayaknya Bidan mendapatkan perhatian khusus seperti mendapatkan perhatian belajar untuk meningkatkan kualitas oleh Pemerintah Daerah dan Stakeholder dalam menjalankan tugas profesinya.

Berkaitan dengan Covid 19, jelas AnIda, IBI mendapat tantangan baru, namun demikian pelayanan kesehatan harus tetap berjalan sebagaimana mestinya walaupun ada 9 Bidan yang terpapar Virus ini, dan Alhamdulillah saat ini semua telah dinyatakan sembuh.

Kepala Dinas Kesehatan, Sallang, SKM, M.Kes, dalam sambutannya, mengatakan, tantangan pembangunan ke depan, baik secara nasional maupun kabupaten adalah  bagaimana berusaha menurunkan angka kematian ibu dan balita, serta bagaimana menurunkan data stunting nasional. Karena, lanjutnta, ke depannya, tantangan ini terus berkembang secara terus-menerus termasuk pelayanan kebidanan. 

Oleh karena itu, Kadis Kesehatan Soppeng ini mengatakan, anggota IBI harus menjawab tantangan itu dengan membentengi diri baik itu pelatihan, workshop atau pendidikan.

"Saya berharap dan perlu dipahami terutama para Bidan yang ada di pelosok desa, tolong jangan bosan dan berhenti untuk menyuarakan bagaimana meningkatkan disiplin kesehatan terkait dengan Covid-19. sehingga ini sangat besar manfaatnya untuk memberikan dorongan kepada masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, seperti pakai masker, Cuci tangan, dan jaga jarak," harapnya. 

Di samping itu, jelas Sallang, dalam menjawab tantangan ke depan, tidak boleh lengah karena masyarakat saat ini membutuhkan pelayanan yang cepat dan tepat, tolong IBI tingkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menjawab tantangan itu, ajaknya. 

Ketua Panitia Pelaksana, Jumarni, S.ST, M.Kes, dalam laporannya menjelaskan, tujuan umum pelaksanaan Muscab ini yaitu untuk meningkatkan Citra Bidan di IBI melalui Konsolidasi Organisasi. Adapun Tujuan khusus terlaksananya kegiatan ini yaitu terlaksananya penyajian atas pertanggungjawaban pengurus IBI Kab. Soppeng, serta terlaksana penyebarluasan hasil Musyawarah Daerah serta penjabarannya.

Turut Hadir pada MUscab tersebut,  Direktur Akbid Menara Kab. Soppeng, Organisasi Profesi se Kab. Soppeng. (Sumber : Diskominfo


Tidak ada komentar