Breaking News

Ketua YPTP Sebut Kehadiran Maba UNES-AAI Memberi Semangat di Tengah Covid 19





Reporter : Ibnu Sultan


Suarapalapa.com, Padang -- Pembukaan PKKMB 2020 dan Penyambutan Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Ekasakti - Akademi Akuntansi Indonesia (UNES-AAI) Padang berlangsung di Kampus Perguruan Tinggi tersebut di Jl. Veteran Dalam No. 26B, Padang Pasir, Kec. Padang Barat., Kota Padang, Sumatera Barat, Jum'at, 9 Oktober 2020.

Kegiatan ini dilaksanakan via virtual dengan aplikasi zoom. 

Selain mahasiswa baru UNES-AAI Padang 2020, pada kegiatan tersebut juga dihadiri sejumlah civitas akademika kampus dan mahasiswa lama. 

Berikut pidato lengkap Ketua Yayasan Pendidikan Perguruann Tinggi Padang (YPTP), Hendry Mappesona, M.Sc, di hadapan Mahasiswa Baru UNES-AAI Padang pada Pembukaan PKKMB. 

Tema:
“Dengan Semangat PKKMB Ciptakan Pribadi Mahasiswa yang MANDIRI dan BERTANGGUNG JAWAB".

Bismillahirrahmanirrahim

Yth. Bapak Prof. Dr. Herri, SE, MM Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi
Yth Bapak Kepala Kantor Kemenhan Sumatera Barat, Kolonel Infantri Choirul Mustafa, S.Sos, M,si
Yth. Bapak Rektor Universitas Ekasakti dan Direktur AAI Padang
Yth. Bapak dan Ibu Unsur Pimpinan di lingkungan Universitas Ekasakti-AAI Padang
Anak anakku Mahasiswa Baru 2020 yang saya banggakan. 

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, atas curahan Rahmat dan Karunia-Nya. Sehingga kita diberi kesempatan, melaksanakan acara Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Ekasakti dan Akademi Akuntansi Indonesia Padang Tahun 2020 ini.

Mahasiswa Baru yang kami banggakan

Pada hari ini, Universitas Ekasakti-AAI Padang kembali menerima mahasiswa baru, Putra-Putri Terbaik, yang merupakan harapan keluarga, harapan masyarakat dan harapan Bangsa.

Kehadiran adik adik di sini memberikan sebuah semangat baru bagi kita, di mana kekhawatiran terhadap pandemi ini dapat berpengaruh terhadap kelangsungan pendidikan di Indonesia, namun pada hari ini saya melihat sebuah keteguhan prinsip yang dipegang oleh masyarakat minangkabau terhadap kelangsungan pendidikan bagi putra putrinya di masa new normal sangat penting.

Ditengah wabah pandemi covid 19, PKKMB tahun ini terasa berbeda, di mana pada tahun-tahun sebelumnya kita merayakan dengan suka cita, tetapi tahun ini kita harus lakukan dengan keprihatinan dan kesadaran terhadap protokol kesehatan. Namun di balik sebuah peristiwa kita mengambil hikmahnya di mana kita harus bersiap untuk menjadi manusia yang mandiri dan bertanggung jawab terhadap kehidupannya maupun sesamanya.

Mandiri dan bertanggung jawab menjadi sebuah motto bagi kami di masa ini, dan kamipun merasa bahwa prinsip ini sepatutnya bisa dijalankan oleh kita semua.

Kemandirian perlu kita tanamkan untuk bersiap menghadapi perubahan yang nyata di sekitar kita. Beban ekonomi yang ada pada orang tua anda sangatlah berat mengingat kondisi ini menghantam perekonomian dan menghilangkan daya beli masyarakat. 

Oleh sebab itu mari kita menjadi manusia yang berilmu dan berbudi. Bantu orang tua anda untuk meringankan bebannya dengan berwirausaha atau bekerja sambil kuliah. Dengan inovasi program pendidikan melalui penggunaan teknologi digital  di UNES AAI, kami memberikan keleluasaan bagi mahasiswa untuk tetap bisa mengikuti perkuliahan sambil bekerja, serta  anda juga dapat mengembangkan wawasan dan mempraktekkan ilmu yang dipelajari langsung ke masyarakat.

Bapak Kepala LLDIKTI, Pak Rektor, Direktur AAI yang Terhormat dan Mahasiswa Baru yang kita banggakan

 
Mandiri dan Bertanggung jawab, bagi kami motto ini  menjadi motivasi untuk terus berbenah dan beradaptasi dengan situasi ini serta menjamin kualitas pendidikan di UNES-AAI dengan menggunakan teknologi digital sebagai medium yang diharapkan dapat membantu proses pendidikan di UNES-AAI.

Kuliah Daring di masa Covid ini, tidak bisa tidak, harus dilaksanakan. Dengan segala hambatan yang menyertainya. Yayasan, Unes dan AAI sebagai Pengelola menyiapkan aplikasi yang diharapkan memudahkan Pengelolaan Manajemen Adminitrasi dan Pendidikan. Dengan aplikasi berbasis Android diharapkan mulai dari rencana SKS (pengambilan mata kuliah), kalender akademik, ujian, kuis, hingga pembimbingan dilakukan kapan saja, di mana saja oleh mahasiswa dan dosennya.

Selain itu, program Aplikasi Kelas Digital yang kami luncurkan pada tanggal 17 Agustus 2020 kemarin, merupakan program yang diharapkan dapat mendukung Kebijakan Kampus Merdeka. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih kepada Indonesia dengan mempersembahkan  platform medium yang kapabel untuk mewadahi proses pendidikan bagi dosen dan mahasiswa di kampus-kampus antar universitas se-Indonesia, seperti yang diwacanakan dalam kebijakan kampus merdeka.

Sementara itu, kami dari YPTP juga terus berikhtiar terhadap tujuan pendidikan di institusi ini yaitu menjadi centre of excellence in Entrepreneurship and Research Campus. Salah satu capaian Misi kami berupa perubahan paradigma lulusan untuk mencari kerja menjadi berwirausaha. 

Kepada adik-adik kami, anda adalah mahasiswa - mahasiswi pilihan, andalah angkatan pertama yang akan melalui sebuah proses inovasi pendidikan yang progresif, di mana masa inilah anda akan berinteraksi dalam proses perwujudan inovasi dan kreatifitas, tetaplah semangat menatap masa depan yang sarat dengan perubahan di era Pandemi dengan disrupsi di segala sektor. Berkolaborasilah dalam semangat kebersamaan untuk mecapai tujuan dan cita-cita anda.

Kepada Yth. Kepala LLDIKTI,
Terima kasih atas kehadiran Bapak di acara PKKMB kita tahun ini. Bimbing terus kami, dan terima kasih kedua kampus kami ini telah dilibatkan di banyak kegiatan dan program LLDIKTI X. Kami berdoa semoga di periode kedua kepempimpinan Bapak,  PTS di lingkungan LLDIKTI X tambah maju dan berkwalitas.

Untuk Mahasiswa Baru
Selamat bergabung, bersama kami dalam naungan Almamater Universitas Ekasakti-Akademi Akuntansi Indonesia, sama dengan harapan anak-anak semua dan orang tua di rumah. Saya sebagai Ketua Yayasan berharap anak-anak mendapat layanan terbaik dari kampus. Izinkanlah saya menutup pidato ini dengan sebuah petuah dari seorang pujangga besar minangkabau Toelis Soetan Sati, Lubuk akal gudang bicara, laut pikiran tambunan budi, semoga kelak Anda dapat menjadi manusia yang beriman, berilmu, dan berbudi.

Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Esa meridhoi niat baik kita semua.
Terima kasih

Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Padang, 9 Oktober 2020

Ketua YPTP,  Henry Mappesona, MSc. 

Sumber : Humas UNES-AAI Padang) 


Tidak ada komentar