Breaking News

Jaya Nasa Perta, PNS Baru Berhasil Terbitkan Buletin Madrasah




PASAMAN, SUARA PALAPA -- Luar biasa sekali, guru PNS baru di MTsN 1 Pasaman Jaya Nasa Perta berhasil menerbitkan buletin madrasah. Buletin tersebut disahkan oleh Kepala MTsN 1 Pasaman, H. Ade Pabrian dengan nama redaksi "Iqra'". Edisi pertama rambung di bulan Juni lalu dan selesai dicetak bulan Juli kemarin.

Bersama siswa yang tergabung dalam ekskul jurnalistik, lebih kurang 1 semester mampu merampungkan buletin madrasah edisi pertama dimulai sejak Januari 2020 awal semester lalu.

Tampak berbagai tulisan dimuat dalam buletin madrasah tersebut, mulai dari berita madrasah, artikel, esai, puisi, cerpen, pantun, profil siswa, dan tulisan lainnya. Dari tulisan tersebut tampak pengarang atau penulisnya, siswa dari berbagai kelas, VII, VIII, dan IX.

Terbitnya buletin madrasah ini, kata Jaya Nasa Perta, merupakan aplikasi lanjutan dari pelaksanaan program aktualisasi habituasi untuk CPNS yang berkelanjutan. Aktualisasi tersebut berjudul penguatan pemberitaan madrasah melalui kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik. Selasa (25/8)

Setelah program aktualisasi diujiankan Desember tahun lalu, lanjutnya, pelaksanaannya di madrasah dalam hal pemberitaan mendapat dukungan dan apresiasi dari kepala madrasah. Akhirnya kepala madrasah meminta untuk menerbitkan buletin madrasah.

"Lahirnya buletin ini berangkat dari program aktualisas. Ketika saya mengambil judul aktualisasi tentang pemberitaan madrasah, memang berkeinginan agar aktualisasi yang saya buat tidak semata syarat lulus latsar saja. Tetapi memang benar-benar saya aplikasikan secara berkelanjutan dan bermanfaat untuk madrasah lebih baik. Alhamdulillah, kepala sekolah mengapresiasi dan sangat mendukung topik aktualisasi saya. Akhirnya saya arahkan pemberitaan dan mewadahi karya siswa untuk dipublikasikan melalui buletin madrasah. Begitulah cerita, madrasah kami menerbitkan buletin ini." jelas Jaya.

Kepala MTsN 1 Pasaman, H. Ade Pabrian menyampaikan, keberadaan buletin madrasah ini dari aktualisasi CPNS di madrasahnya. Lebih lanjut H. Ade menyampaikan bahwa terbitnya buletin tersebut dipandang sangat bermanfaat bagi madrasah. Selain itu, madrasah yang menerbitkan sebuah buletin menjadi suatu yang langka dan jarang dilakukan oleh madrasah.

"Saya upayakan terbitkan buletin ini secara rutin dan berkelanjutan per semester," tandas H. Ade Pabrian.

"Kita akan terus apresiasi dan dukung inovasi atau pembaruan dari guru di madrasah. Ini, akan menjadi semangat dan salah satu bentuk penghargaan dari pihak madrasah untuk guru yang berkarya. Penerbitan buletin ini, kami rasa masih langka dan jarang diterbitkan oleh madarsah. Belum semua madrasah atau sekolah mampu menerbitkan buletin. Ke depannya, menerbitkan buletin ini akan menjadi program semester madrasah kami." terang H. Ade.

Selain itu, Kepala Kantor Kemenag Pasaman, H. Dedi Wandra saat ditemui di ruang kerjanya mengapresiasi atas terbitnya buletin MTsN 1 Pasaman. Ia bahkan  mengatakan, kalau buletinnya akan menjadi semangat untuk siswa dalam menulis.

"Kami bangga dengan terbitnya buletin Iqra' MTsN 1 Pasaman. Teruslah konsisten berkarya, semoga siswa termotivasi untuk terus menulis." Jelas Kakan Kemenag Pasaman. (jnp)

Tidak ada komentar