Breaking News

Wakili Bupati Soppeng, Sekda Kukuhkan Anggota Komisi Irigasi Soppeng 2020-2023


SOPPENG, SUARA PALAPA -- Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Soppeng Drs. H. A. Tenri Sessu,M.Si mengukuhkan Anggota Komisi Irigasi Kabupaten Soppeng Periode 2020-2023, di Aula Kantor Gabungan Dinas (Gadis) Kabupaten Soppeng,13/8/2020.

Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE dalam  sambutan tertulisnya, dibacakan Sekda Soppeng, mengatakan, pengukuhan di tengah situasi pandemi pagi ini memberikan pesan akan pentingnya acara ini untuk dilaksanakan. 

Karena kegiatan ini, lanjutnya, terkait dengan Isu Pangan yang merupakan isu penting global dan nasional, karena merupakan kebutuhan dasar utama bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat.

Dikatakan, pangan memiliki arti dan peran yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa, sehingga dengan mempertimbangkan arti dan peran strategis pangan tersebut, pemerintah saat ini telah merencanakan dan melaksanakan berbagai kebijakan guna mewujudkan kemandirian dan kedaulatan pangan tersebut.

Dan pada akhirnya, untuk mewujudkan hal tersebut, kata Bupati dalam sambutannya dibacakan Sekda tersebut, maka diperlukan suatu wadah koordinasi bagi seluruh pemangku kepentingan yang bergerak di bidang keirigasian agar tercapai kesatuan pandangan dalam pengelolaan irigasi ke depannya. 

Salah satu tugas pokok dan fungsi komisi Irigasi ini, jelasnya, adalah merumuskan kebijakan untuk mempertahankan dan meningkatkan kondisi dan fungsi irigasi, serta merumuskan rencana tahunan penyediaan, pembagian dan pemberian air irigasi.

Di akhir sambutann Bupati dibacakan Sekda tersebut berharap agar pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi di Kab. Soppeng dapat semakin meningkat dan pada akhirnya dapat mendukung terwujudnya ketersediaan dan kedaulatan pangan yang berkelanjutan di Kab. Soppeng.

Sementara  Kepala  Bappelitbangda Prov.Sulsel dalam sambutannya, dibacakan Kabid 
Infrastruktur dan kewilayahan Bappelitbangda Prov.Sulsel, Sari Susanthy Syam, menjelaskan, Komisi Irigasi merupakan forum multi pihak dari unsur pemerintah, unsur petani, dan unsur pengguna jaringan irigasi dalam rangka mewujudkan keterpaduan pengelolaan sistem irigasi yang ada di tingkat pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi, dan di tingkat antar provinsi. 

Dengan demikian, tandasnya, keberadaan komisi irigasi kabupaten sesuai dengan tugasnya  yaitu mendukung penetapan kebijakan dalam mempertahankan dan meningkatkan kondisi dan fungsi irigasi memegang peranan yang sangat penting. Jika komisi irigasi dapat melaksanakan perannya dengan baik tentunya secara tidak langsung juga akan mendukung pencapaian misi ke-5 Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing Produk Sumber Daya Alam yang Berkelanjutan.

Sebelumnya Kepala Bappelitbangda Kab.  Soppeng, Dra. Hj. Andi Nurlina, MM, dalam laporannya menjelaskan maksud dari pembentukan Komisi Irigasi ini adalah guna mewujudkan tertib pengelolaan irigasi yang telah dibangun oleh Pemerintah Daerah. Sedangkan tujuannya untuk memberikan wadah koordinasi 
dan komunikasi dalam pengelolaan irigasi antara unsur pemerintah dan unsur non pemerintah.

Adapun Pengurus yang dikukuhkan masing-masing :
 
Ketua : Kepala Bappelitbangda Kabupaten Soppeng, 
Ketua Harian : Kepala Dinas  PUPR Kabupaten Soppeng, 
Sekertaris : Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Soppeng,
Wakil sekertaris I : Kabid OP Irigasi Dinas PUPR Kab.Soppeng, Sekertaris II: Kabid pembinaan dan penyuluhan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kab. Soppeng serta para anggota lainnya.

Acara turut dihadiri, Tim Institutional Strengtherning In Agriculture and Irrigation (ISAI) & Integraritaid Partisipatory Develoment & Management of Irrigation Program (IPDMIP) Regional Sulsel, para Camat, serta Ketua dan Anggota Komisi Irigasi Kab. Soppeng serta para undangan lainnya. (rilis diskominfo/amiruddin baringeng)

Tidak ada komentar