Breaking News

Sukses Kawal Inovasi Proklim Desa, Kades Timusu Terima Kunker KLHK RI



SOPPENG, SUARA PALAPA -- Pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) mengunjungi Desa Timusu Kec. Liliriaja Kab. Soppeng untuk melakukan Verifikasi data faktual di lokasi Proklim di Dusun Lebbae.


Sejak pagi hari hingga sore menjelang magrib, mereka dari pihak KLHK RI dalam kunjungannya, mengelilingi wilayah Desa Timusu khususnya lokasi Kampung Iklim, didampingi pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Soppeng dan Pemerintah Desa Timusu.

Sebelumnya, Kades Timusu, Firdaus, menerima kunker tersebut di Sekretariat Kelompok Tani Nyelle dengan tentu tetap memperhatikan ketentuan standar protokol kesehatan


Kades Timusu, Firdaus, menyampaikan, bagi Pemerintah Desa bersama masyarakatnya, sudah menjadi komitmen untuk terus menjaga bumi yang kita pijak ini.

"Sudah menjadi komitmen untuk terus menjaga bumi yang kita pijak ini agar tetap terjaga kelestariannya hingga akhir zaman," kata Firdaus.


"Sehingga bumi ini bisa kita wariskan kepada anak cucu kita kelak," katanya lagi.

"Karena obsesi kita khususnya Pemerintah Desa Timusu, marilah kita tetap wariskan mata air terhadap anak anak cucu kita, karena jangan sampai jika kita tidak menjaga alam, tidak menutup kemungkinan kita bisa wariskan hanya air mata, karena akibat bencana dari ulah kita semua,"


Disampaikan juga, untuk tetap menjaga kelestarian alam, beberapa hal telah dilakukan Pemerintah Desa Timusu, antara lain; lahirnya Perdes Tentang Perlindungan Mata Air,  Perdes Tentang Larangan Membuang Sampah di Tempat Tertentu serta Perdes terkait Tata Cara Pengelolaan Sampah.

Tidak hanya itu, lanjut Kades Firdaus, bukan hanya itu, Pemerintah Desa Timusu, juga telah menghibahkan lebih 500 buah tempat sampah kepada pengurus Bank Sampah, serta telah menyiapkan kendaraan roda empat untuk operasional angkutan sampah.

Tahun ini, tambahnya, Pemdes Timusu mengagendakan menambah 1 unit kendaraan roda tiga untuk mengoptimalkan operasional angkutan sampah. 


Usai mengunjungi seluruh kegiatan pengayaan inovasi program adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang dilaksanakan secara kolaborasi antara pemerintah dengan masyarakat yang ada di Desa Timusu , Tim tersebut dikoordinir Ardi, memberikan apresiasi yang sudah dilakukan Pemerintah Desa Timusu terkait dengan kegiatan Proklim yang ada di wilayahnya.

Tim ini berharap, "semua upaya yang sudah dilakukan agar tetap ada keberlanjutannya karena itu yang terpenting, harapnya.

Diketahui, 2019, Desa Timusu, bersama 38 Desa dan Kelurahan se-Indonesia, menerima penghargaan berupa piala dan piagam dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar. (usa)

Tidak ada komentar