Breaking News

Prodi Komunikasi Unismuh Jajaki Kerjasama Pengembangan SIDEKA di Desa Panciro Gowa



MAKASSAR, SUARA PALAPA -- Prodi S1 Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar, menjajaki kerjasama dengan Desa Panciro Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Rabu 26 Agustus 2020.

Perihal yang akan dikerjasamakan adalah pengembangan Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Kawasan (SIDEKA) perdesaan.

Demikian terungkap pada pertemuan dua dosen Prodi S1 Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar, Dr. Muhammad Yahya, M.Si dan Sukri, S.Sos, M.Si, di rumah Kepala Desa Panciro, Anwar Dg. Malolo, SE.

Saat pertemuan, turut hadir salah seorang Kepala Urusan di Desa Panciro, Fhadly, Kepala Dusun Bonto Ramba, Syamsuddin Dg. Tola dan tokoh masyarakat Panciro serta salah satu wartawan Drs. Darwis Jamal Takdir.

Dosen Komunikasi Fisip Unismuh Makassar, Muhammad Yahya memaparkan rencana akan menjadikan Desa Panciro selaku desa binaan dari Prodi Ilmu Komunikasi.

Sesuai UU No 6, Tahun 2014 Tentang Desa, pada pasal 86 tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan.

Pihak Prodi Komunikasi Unismuh Makassar akan membagi pengalaman dengan menggelar pelatihan citizen reporter bagi tenaga penyuluh dan warga lainnya.

Selain itu akan membantu mengembangkan konten pada portal resmi Desa Panciro.

Sehingga informasi tentang pembangunan dan dinamika masyarakat akan dengan mudah terakses ke online dan warga dengan cepat dan mudah mengaksesnya.

Juga akan ada pelatihan citizen reporter bagi tenaga penyuluh desa guna memperkuat kinerja pusat informasi desa dan kawasan di Desa Panciro Gowa.

Kepala Desa Panciro, Anwar Dg. Malolo, SE, pada kesempatan itu menyampaikan, jika pihaknya menyambut baik rencana kerjasama menjadikan desa binaan serta membantu pengembangan Sistim Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan.

Sudah cukup lama aparat Desa Panciro, mengharapkan adanya pusat informasi dengan kedatangan dosen Komunikasi Unismuh Makassar akan membantu merealisasikan kehadiran sistem informasi pembangunan desa yang semakin berkualitas, katanya. (nasrullah)


Tidak ada komentar