Breaking News

Periode Rektor Prof. Rahman Berakhir 8 Agustus, Inilah Sejumlah Keberhasilan Dicapai Selama 4 Tahun Memimpin Unismuh

 


MAKASSAR, SUARA PALAPA -- Rektor Unismuh  Makassar, Prof. Dr. H. Abdul Rahman Rahim, SE, MM telah berakhir masa periodenya sebagai rektor sejak Sabtu, 8 Agustus 2020.

Prof. Rahman digantikan Prof. H. Ambo Asse, MA yang kini masih menjabat sebagai Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel.

Banyak kemajuan yang telah dicapai Unismuh Makassar selama 4 tahun kepemimpinan Prof. Abdul Rahman Rahim sebagai rector Unismuh Makassar, melalui program strategisnya.

Dalam program strategisnya, meliputi pertama, bidang akademik, yakni meningkatkan mutu produk unismuh, meliputi lulusan, penelitian, pengabdian masyarakat serta ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. 

Kedua, dalam bidang sumber daya, yakni meningkatkan kualitas sumber daya, dosen, karyawan, sarana prasarana  yang mendukung peningkatan seluruh produk unismuh.

Ketiga, peningkatan kualitas dan kuantitas sarana prasarana pembelajaran di kelas maupun di laboratorium. 

Keempat, bidang kemahasiswaan dan alumni, melalui pembinaan bakat, minat, penalaran, wawasan dan prestasi mahasiswa, penyelesaian studi tepat waktu, indeks prestasi mahasiswa serta peluang pekerjaan di berbagai sektor lapangan pekerjaan.

Kelima, bidang pembinaan, pengembangan al Islam dan Kemuhammadiyahan melalui peningkatan kajian, pemahaman, dan pengamalan ajaran Islam sesuai dengan Alquran dan sunnah. 

Keenam, bidang kerjasama, yakni meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama antar institusi, baik dalam maupun luar negeri.

Adapun capaian dari program strategis untuk kurun waktu 2019-2020 dari program strategis yang sudah dicanangkan Prof. Rahman, yakni untuk peningkatan kualitas produk unismuh, meliputi kualitas lulusan dengan rata-rata IPK meningkat menjadi 3,53 dengan lama studi rata-rata  4 tahun 1 bulan.

Peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat. Anggaran penelitian PKM internal tahun 2019 meningkat menjadi Rp 1,2 miliar, sebelumnya tahun 2018 hanya Rp1 M lebih.

Anggaran penelitian dan PKM tahun 2019 dari Kemenristekdikti Rp 3,1 M lebih. 

Jumlah publikasi tahun 2016-2019 sebanyak 1.179 buah, jumlah penelitian dan pengabdian masyarakat tahun 2016-2019, sebanyak 1.435 (penelitian) dan 889 (pengabdian masyarakat).

Serta sejumlah penunjang peningkatan kualitas akademik, seperti mendatangkan pemateri dosen pakar pada kuliah tamu baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri serta seminar nasional maupun internasional.

Capaian berikutnya, peningkatan kualitas sumber daya, meliputi peningkatan pangkat jabatan akademik dosen ke lector, lektor kepala dan guru besar. 

Akhir 2019 dua dosen Unismuh memperoleh guru besar sehingga dari  737 dosen Unismuh terdapat 9  guru besar, 100 lektor kepala, 137 lektor, 281 asisten ahli dan sisanya tenaga pengajar yang merupakan dosen baru.

Peningkatan wawasan dosen dengan mengikutsertakan dosen dalam 275 kegiatan ilmiah seperti konferensi, seminar internasinal, workshop, symposium, FGD dan kegiatan ilmiah lainnya.

Sedangkan peningkatan wawasan pegawai seperti kegiatan studi banding, pelatihan kemampuan komputer dan IT, pelatihan pelayanan prima dan lainnya.

Peningkatan kesejahteraan dosen dan pegawai, yakni penambahan gaji pokok sebesar 10 persen dan tunjangan jabatan struktural 10 persen. Bertambahnya dosen yang tersertifikasi  periode 2019 sebanyak 44 orang sehingga jumlah dosen yang tersertifikasi sebanyak 301 orang, program umroh bagi dosen dan karyawan berprestasi, pemberian dana pensiunan bagi dosen dan karyawan tetap serta hadiah umroh dari Bank Syariah Mandiri.

Peningkatan sarana prasarana, seperti pembangunan gedung serba guna Sangsurya di Pusdiklat Bollangi, Gowa, pengembangan system informasi terpadu, pembuatan aplikasi yang terkoneksi ke data PD-Dikti, pengadaan ruag digital library dan jaringan internet dan lainnya.

Prestasi berikutnya yang dicapai yakni peningkatan dan pembinaan kemahasiswaan dan alumni. 

Saat ini Unismuh Makassar dalam tahun 2019 telah menduduki peringkat 74 nasional dalam prestasi tingkat kemahasiswaan dan tahun 2020 berhasil menduduki posisi 11 peraih  insentif PKM-KT dan PKM GFK 2020.

Keberhasilan lainnya juga, yakni peningkatan pengembangan kewirausahaan, dan peningkatan sumber  beasiswa.

Untuk program pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan, di antaranya; pembinaan hafids quran di Bissoloro,  workshop kajian keislaman, program muballig hijrah, salat berjamaah di masjid kampus, gerakan salat subuh berjamaah dan lainnya. 

Serta untuk program kerjasama dalam periode 2016-2019, terlaksana 143 kerjasama, terdiri 43 internasional dan 102 kerjasama nasional.

Hal lainnya, pelantikan rector baru Unismuh Makassar periode 2020-2024 berlangsung hari ini Senin (10/8/2020), di Balai Sidang Unismuh Makassar oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Rektor baru Unismuh Makassar, Prof. H. Ambo Asse bukanlah orang baru di Unismuh Makassar, tetapi  pernah  menduduki salah satu jabatan penting di Unismuh Makassar, yakni sebagai penjabat Wakil Dekan IV Fakultas Pertanian Periode 2000-2004. (ulla/yahya)

Tidak ada komentar