Breaking News

Peringati HUT ke-59 Gerakan Pramuka 2020, Kwarcab Soppeng Gelar Apel Besar





SOPPENG, SUARA PALAPA -- Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Soppeng menggelar Apel Besar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Gerakan Pramuka Tahun 2020.

Seyogyanya, peringatan ini dilaksanakan pada hari lahir Gerakan Pramuka pada tanggal 14 Agustus 1961 - 14 Agustus 2020. Namun karena sesuatu dan lain hal, maka peringatan itu dilaksanakan pada Selasa, 25 Agustus 2020 ini.

Apel Besar ini berlangsung di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng, bertindak selaku pembina apel Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Drs. Muhammad Arif Dimas, M.Si.

Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Soppeng, diwakili Kadis Pariwisata Pemuda dan  Olahraga, Drs. Muhammad Arif Dimas, M.Si, membacakan sambutan seragam Ketua Umum (Ketum) Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso, mengatakan, untuk tahun ini, tema Hari Gerakan Pramuka adalah Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid 19 dan Bela Negara.Tema tersebut juga menjadi tema utama seluruh aktivitas dan kegiatan gerakan-gerakan pramuka pada tahun 2020 ini.

Tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk membantu menanggulangi bencana covid 19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia, bahkan di seluruh dunia juga mengalaminya.

Gerakan Pramuka telah lahir sejak 59 tahun yang lalu, bahkan gerakan kepramukaan di dunia dimulai sudah 110 tahun lalu, gerakan ini merupakan suatu organisasi Pendidikan.

Oleh sebab itu nama lengkap organisasi ini adalah Gerakan Pendidikan Kepanduan Praja Muda Karana, merupakan pendidikan non formal, untuk melengkapi pendidikan informal di lingkungan keluarga dan masyarakat, serta pendidikan formal di institusi pendidikan formal.

Sebelumnya, terlebih dulu Ketua Cabang Pendidikan dan Latihan (Cadiklat) Gerakan Pramuka Kabupaten Soppeng, Dra. Hj. Syahriah, menerima calon pelatih Kwarcab Soppeng sebagai anggota Cadiklat Soppeng.

Masih di tempat yang sama, juga digelar penganugrahan Tanda Gerakan Pramuka, masing-masing kepada :

1. Drs. Mamin Umar (Pancawarsa III)
2. H. Suardi, SE, Ak, CA (Pancawarsa III)
3. A. Syamsuriani, S.Pd (Pancawarsa III).
4. Muhtar,S.Pd., M.Si (Pancawarsa II)
5. Justan, S.Pd, M.Si (Pancawarsa II)
6. Haeruddin,SE, S.Pd,SD, MM ( pancawarsa II)
7. Hj.Sri Alam,S.Pd (Pancawarsa II)
8. A. Muhammad Indra Putra Dewa, S.Pd (Pancawarsa II)
9. Muhammad Arsyad, S.Pd (Pancawarsa II)
10. Akhmad Umrawal, S.Pd, SD (Pancawarsa I)
11. A. Heriyawati Nensi, S.Pd (Pancawarsa I).

Apel Besar ini juga dihadiri,  Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Soppeng, Drs. Andi Aswan Said, Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kab. Soppeng, Drs. H. Asis Makmur, M.Pd.I, Ketua Cadiklat Gerakan Pramuka Kab. Soppeng, Dra. Hj. Syahriah, serta para Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kab. Soppeng lainnya. (diskominfo/amiruddin baringeng)


Tidak ada komentar