Breaking News

Monev KKN-PPM Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Petani dengan Tanaman Pekarangan "Kujarai"

Tanam “KUJARAI” di Kabupaten Padang Pariaman


PADANG PARIAMAN, SUARA PALAPA -- Monitoring dan Evaluasi  (Monev) Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Skema KKN-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) pendanaan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, dilaksanakan pada Senin, 24 Agustus 2020, di 4 kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman.

Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ekasakti (LPPM UNES), Dr. Ir. Nita Yessirita, M.P., dan Panitia KKN-PPM Universitas Ekasakti Tahun 2020, Henny Puspita Sari, S.P., M.P. PkM KKN-PPM ini diketuai Ir. Syamsuwirman, M.P bidang keahlian Hama Penyakit Tanaman dengan anggota Ir. Yonny Arita Taher, M.P bidang Keahlian Agronomi dan Herda Gusvita, S.P., M.Si bidang Keahlian Sosial Ekonomi serta melibatkan 30 mahasiswa KKN-PPM UNES 2020.

Ketua PkM, Ir. Syamsuwirman, M.P menjelaskan, awalnya kegiatan Pengabdian ini akan dilaksanakan di Nagari Lubuk Pandan Kabupaten Padang Pariaman, karena wabah Covid-19, lanjutnya, yang melanda seluruh Indonesia dan dinobatkan menjadi bencana nasional, maka tempat pelaksanaan pengabdian disebar di 4 wilayah kecamatan yang berada di Kabupaten Padang Pariaman.

Dijelaskan, teknis pelaksanaan pengabdian ini, diawali dengan mendata mahasiswa yang mengikuti KKN-PPM UNES 2020, dilaksanakan secara mandiri ini atau dilaksanakan di tempat tinggal masing-masing mahasiswa. Sehingga kegiatan pengabdian dapat terlaksana di Kecamatan Nan Sabaris; Kecamatan Lubuk Alung; Kecamatan Ulakan Tapakis; dan Kecamatan Batang Anai dengan melibatkan 30 mahasiswa KKN-PPM UNES.

Dikatakan, pada tahap kedua, masing-masing mahasiswa peserta KKN-PPM yang terlibat pengabdian tersebut melakukan pembina dan penanaman Kunyit, Jahe dan Serai (”KUJARAI”) di pekarangan, dimana masing-masing mahasiswa membina sebanyak 10 Keluarga.

Kegiatan pengabdian ini memiliki 2 (dua) target utama. Target Pertama, agar petani mampu membuat pupuk organik dari limbah pertanian dan mengaplikasikannya ke tanaman, serta memaksimalkan pekarangan untuk meningkatkan pendapatan keluarga, apalagi dimasa pandemi Covid-19. Target Kedua, agar mahasiswa yang melaksanakan KKN-PPM Tahun 2020 dapat lebih memahami dan peduli terhadap keadaan masyarakat di sekitarnya, sehingga tersusunlah rencana kerja KKN-PPM untuk menyelesaikan persoalan-persoalan petani di sekitar tempat tinggal mereka.

Selain itu, Anggota PkM, Ir. Yonny Arita Taher, M.P dan Herda Gusvita, S.P., M.Si., juga menjelaskan, tanaman “KUJARAI” ini memiliki manfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan imunitas tubuh dan menjadi sebuah inovasi dalam meningkatkan pendapatan masyarakat selama masa pandemi Covid-19.

Pada kesempatan itu, Ketua PkM KKN-PPM UNES Padang, menyerahkan bibit “KUJARAI” kepada Mahasiswa KKN-PPM Tahun 2020, dilaksanakan di 10 Keluarga, di Kabupaten Padang Pariaman. (redaksi)


Tidak ada komentar