Breaking News

LP2M UNM Lakukan Pendampingan kepada Kelompok Pandai Besi di Soppeng




SOPPENG, SUARA PALAPA -- Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan Pengabdian Masyarakat yaitu
Program Kemitraan Masyarakat (PKM) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M).

LP2M UNM ini melakukan Pendampingan pada Kelompok Pandai Besi (mitra) di Tonronge Dusun Welonge Desa Laringgi Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng.

Terlihat LP2M UNM ini mendampingi kelompok menata tempat kerja yang sebelumnya tempat kerja tersebut berada di kolong rumah. Kini  tempat kerja itu dipindahkan di luar rumah dengan membuatkan tempat kerja menggunakan atap dan dinding seng dan membuatkan bak perendaman besi yang sudah ditempa.

Rupanya, tidak hanya itu, penataan tempat kerja kelompok pandai besi ini, juga dengan bak penampungan arang serta dari pasangan batu merah dan pengadaan mesin blower untuk menempa besi.

Kegiatan Pengabdian masyarakat atau Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan oleh Dr. Samnur, ST, MT, dan Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani Rauf, MT serta Dr. Marsus Suti, M.Kes.

Kendati pendampingan ini dilakukan di tengah Pandemi Covid-19, tetapi sdmua persinil yang terlibat tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Ketua kelompok mitra kegiatan ini, menyampaikan, kalau pendampingan ini, pihaknya merasa sangat terbantu dalam proses pelaksanaan menempa setiap hari.

"Bagaimana tidak, kami  didampingi dan menata tempat kerja kami, sehingga lebih nyaman dan cepat proses pekerjaan.," kata Ketua Kelompok ini, di sela-sela kegiatannya di Tonronge, Minggu, 16 Agustus 2020.

Bahkan membantu kami, lanjutnya, dalam pengadaan peralatan-peralatan tempa, yaitu mesin blower, menjadikan kwalitas serta kecepatan produksi sangat dirasakan perbedaan penghasilan. Sehingga dengan adanya kegiatan PKM ini sangat terbantu kelompok kami dalam meproduksi.

Rektor UNM, Prof. Dr. H. Husain Syam, M.TP, berharap, agar kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan penuh kreativitas dan Inovasi.

"Jangan menjadikan alasan bahwa ada pandemi covid-19 sehingga tertunda pelaksanaan PKM," harapnya.

Ketua LP2M UNM, Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, MT dan juga sebagai Dosen Pengabdi berharap, agar kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dilakukan kerja sama dengan LP2M ini, sangat bermanfaat bagi mitra pandai besi di Kabupaten Soppeng. (is)

Tidak ada komentar