Breaking News

Covid-19 Mengubah Sistem Pembelajaran, UNES-AAI Luncurkan Kelas Digital Berbasis Android



PADANG, SUARA PALAPA -- Kepada civitas akademika dan sejumlah wartawan, Rabu, 19 Agustus 2020 Rektor Universitas Ekasakti dan Akademi Akuntansi Indonesia (UNE-AAI) Padang, Dr. Otong Rosadi, SH, M.Hum, memperkenalkan Program Kelas Digital.

Dikatakan, pandemi Covid-19 memaksa harus berubah. Mengubah kebiasaan yang sudah bertahun-tahun, bahkan ratusan tahun.

Pandemi, lanjutnya, mengubah pula model pembelajaran. Meski idealnya belajar itu mengharuskan tatap muka, apalagi saat berkiblat pada taksonomi Bloom yang menghendaki pola ajar yang mengharuskan ada transfer skill dan nilai perilaku selain alih pengetahuan dan teknologi.

"Sekali lagi, Covid-19 mengubah kita semua. Maret hingga Agustus ini, Unes-AAI menjalankan kuliah, KKN, bimbingan, ujian menggunakan online," jelas Rektor UNES ini.

"Tak ada kuliah di kelas, tak ada tatap muka saat bimbingan, KKN 1.233 mahasiswa juga menggunakan cara online (KKN di rumah masing-masing)," jelasnya.

"Sejak Maret kita kuliah di rumah dengan memberi kebebasan penggunaan banyak media, April akhir, kuliah kita menggunakan Kelas Digital, disiapkan Tim IT, hanya 20 hari. Hingga akhir Semester Genap 2019-2020 kita jalani kebiasaan baru ini. Dengan satu dua masalah yang menyertainya," kata Rektor Dr. Otong Rosadi.

Dikatakan, Kelas digital berisi semua transaksi dan, semua hal untuk belajar daring. Aplikasi kelas digital ini bisa di-download di playstore.

Terkait pembuatan aplikasi, lanjutnya, idenya jauh sebelum covid-19 melanda negeri, sekitar bulan Juni 2020.

Minggu lalu, kata Rektor ini, 1300 mahasiswa KKN dilepas secara daring. Para mahasiswa itu melakukan KKN secara mandiri di rumah mereka masing-masing. (is)

Tidak ada komentar