Breaking News

Komunikasi Sosial Babinsa Sertu Jaliluddin, Wujudkan Stabilitas Masyarakat Limpomajang


 


SOPPENG, SUARAPALAPA.COM -- Limpomajang, sebuah daerah kelurahan dalam wilayah Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Terletak di pesisir Danau Tempe, dengan luas wilayah ± 1.217 Ha.

Kelurahan ini berbatasan dengan,

Utara : Kabupaten Wajo
Selatan : Kelurahan Attang Salo
Timur : Kelurahan Kaca
Barat : Kelurahan Batu-Batu

Kelurahan limpomajang adalah daerah rawan genangan air karena letak geografisnya berada antara danau dan sungai dengan ketinggian daratan ± 20 m dpl (di atas permukaan laut), suhu udara berkisar 17-25o C.

Masyarakat Limpomajang, pada umumnya bermatapencaharian nelayan. Sehigga tak perlu heran jika mereka berwatak keras, sebab pola kehidupannya penuh dengan risiko dan rintangan. karena rata-rata aktifitas para nelayan ini pada malam hari.

Sehingga mereka harus memiliki keberanian dan ketangguhan serta kekuatan fisik dan mental yang melatarbelakangi sifat rata-rata para nelayan yang memiiki watak sedikit keras.

Tentu dalam artian keras berusaha, berani menghadapi risiko, teguh dalam pendirian, semangat dalam berkarya dan pantang menyerah.

Selain itu sifat dan perilaku masyarakat seperti saling menghormati, menghargai, dan saling membantu, masih tampak dari kehidupan masyarakat.

Namun tradisi dan budaya masyarakat seperti adat para nelayan, petani, serta adat istiadat masyarakat lainnya, pada kenyataannya sudah mengalami perubahan dan pergeseran nilai dari masa ke masa, hal ini tidak bisa dipungkiri, dan bahkan boleh jadi saling menyalahkan antara generasi ke generasi, karena proses perubahan dan pergeseran nilai terjadi seiring dengan perkembangan peradaban manusia dan kemajuan zaman.


Dengan kondisi wilayah binaan di kelurahan Limpomajang tersebut, seorang Babinsa perlu membekali diri yang tak cukup hanya dengan pendekatan militer, tetapi komunikasi sosial tak kalah pentingnya, demi menjaga stabilitas pemerintahan, pembangunan dan ketentraman kehidupan masyarakat di wilayah binaan, Kelurahan Limpomajang.

Hal tersebut dikatakan Babinsa Kelurahan Limpomajang, Sertu Jaliluddin saat berbincang santai dengan sejumlah warga di salah satu tempat di Lingkungan Lajarella kelurahan itu, Rabu, 8 Juli 2020, meski masker setiap warga tetap dipakai.

Sudah menjadi rutinitas Babinsa Koramil 1423-02/Marioriawa, termasuk Babinsa Jaliluddin yang diberi tanggung jawab dari Komandannya, Plt. Danramil 1423-02 Marioriawa, Pelda Said, agar setiap Babinsa menjalin silaturrahmi dengan berbagai komponen masyarakat, sehingga semua permasalahan dapat dipecahkan bersama agar tetap terjalin rasa saling menghargai satu dengan lainnya. 

Dengan begitu, stabilitas keamanan, ketertiban dan ketentraman di masing-masing wilayah binaan lebih mudah terwujud. 

Dalam kegiatannya Babinsa Limpomajang di sela-sela keberadaannya dengan masyarakat, pihaknya menghimbau, agar selalu mengikuti anjuran Pemerintah tentang pelaksanaan protokol kesehatan, antara lain, pakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak.

Sertu Jaliluddin pun tidak lupa menyampaikan kepada masyarakat agar tetap di rumah saja apabila tidak ada kegiatan yang penting.

Diingatkan pula, dengan situasi cuaca seperti saat ini, sering terjadi hujan, diharapkan masyarakat agar tetap menjaga kesehatan diri dan masing-masing keluarga.

"Jaga kebersihan lingkungan, cegah genangan air guna mengantisipasi munculnya kasus penyakit DBD," kata Sertu Jaliluddin mengingatkan. 

"Kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang kapan lagi," ungkapnya. (usa)


Tidak ada komentar