Breaking News

Jembatan Pacongkang, Satu Paket dengan Jalan Soppeng-Bone, Gunakan DAK Rp 100 Milyar

Kunker dan Reses Anggota Komisi V DPR RI Dr. H. Muh. Aras, S.Pd., MM dari Fraksi PPP






SOPPENG, SUARA PALAPA -- Pengerjaan Pembangunan Jembatan Pacongkang di Kecamatan Citta Kabupaten Soppeng, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terus digenjot. 

Jembatan ini, satu-satunya akses penghubung antara Kabupaten Soppeng dengan Kabupaten Bone pada jalur tercepat.

Hal ini pun terus digenjot, Pemerintah Provinsi, meski dikerjakan namun karena anggaran tak cukup, sehingga pekerjaan ini harus mendapatkan suntikan dana dari Pusat.

Melalui pertemuan antara Gubernur Sulsel, Prof. H. Nurdin Abdullah dengan Anggota Komisi V DPR RI Dr. H. Muh. Aras dari Fraksi PPP yang juga Ketua DPW PPP Sulsel, terjadilah suatu kerjasama yang baik melalui Dana Aspirasi DPR RI Komisi V dengan kemitraannya, Kementerian
PUPR.

Akhirnya, pembangunan jembatan ini mendapatkan suntikan dana APBN sedikitnya Rp.100 M secara Multiyear.

Dikonfirmasi wartawan di sela-sela kunjungannya pada pembangunan jembatan itu, Rabu, 29 Juli 2020, Anggota Komisi V DPR RI ini mengatakan, 
Jembatan Pacongkang awal dikerjakan oleh Provinsi berupa landasan, namun anggaran tidak mencukupi sehingga Gubernur Nurdin Abdullah menyampaikan kepada dirinya selaku Anggota Komisi V DPR RI untuk dibantu.

Melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 100 Milyar, lanjutnya, untuk pekerjaan jembatan sampai selesai dengan jalan dari Lajoa Kab. Soppeng sampai Tobenteng Kabupaten Bone. 

Di kesempatan yang sama, Tenaga Ahli (TA) Anggota DPR RI tersebut, Hamka Anas menjelaskan, program ini pengerjaannya dilakukan secara bertahap (Multiyear) mulai 2020 hingga 2023.

Hamka Anas mengatakan, dengan pembangunan jembatan dan jalan ini,  adalah murni dana aspirasi Dr. H. Muh. Aras selaku Anggota DPR RI terpilih dari Dapil Sulsel II.

Dikatakan, karena sebagai wakil Rakyat, tentu sudah menjadi kewajiban Dr. H. Muh. Aras memperjuangkan aspirasi rakyat, khususnya di Dapilnya.

Diketahui, pekerjaan jembatan Pacongkang, kini masih terus berjalan dan akan berlanjut sampai selesai di tahun 2023 nantinya, sehingga akses jalan dari Kabupaten Soppeng yang statusnya jalan provinsi bisa tembus ke Tobenteng Kabupaten Bone.

Sementara dari Koppe ke Tacipi melalui Taretta dan Tobeteng Kabupaten Bone, akses ini statusnya jalan nasional, sehingga paket pembangunan jembatan dan jalan ini patut dikerjakan secara maksimal, sehingga jalur antara Soppeng dengan Bone akan berjalan lancar. 

Hamka Anas menjelaskan, jalan mulai dari Lajoa Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng sampai ke Tobenteng Kecamatan Amali Kabupaten Bone, lebarnya 7 Meter serta Jembatan Pacongkang, lebarnya 9 Meter.

Selain Anggota Komisi V DPR RI Dr. H. Muh. Aras, bersama Tenaga Ahlinya, Hamka Anas, Staf Khusus, Muh. Arifuddin, SH, salah satu Tim Aspirasi, Musmuliadi, dalam kunjungan kerja dan reses Legislator Pusat tersebut, juga dihadiri, Wakil Ketua Komisi B DPRD Sulsel, Hj. Andi Nurhidayati Zainuddin, S.Sos, SE, M.Si.

Hadir pula, Kepala UPT Bina Marga Wilayah V PUPR Sulsel, Andi Zulkifli, Kapolsubsektor Citta, Ipda Hariyadi Lessa, S Ip, Danpos Ramil Citta, Serma Syarifuddin, Kades Kampiri, Marhudi. S, Kades Barang, Andi Anwar Ambang serta sejumlah warga setempat. (man27/usa)

Tidak ada komentar