Breaking News

Di Bibir Danau Tempe, Dandim 1423/Soppeng Buka Latihan Penanggulangan Bencana Banjir




Soppeng, SuaraPalapa.Com -- Dandim 1423/Soppeng, Letkol Inf Richard M. Butarbutar, S.Ap, M.Tr (Han) membuka Pelatihan Penanggulangan Bencana Banjir di bibir Danau Tempe, tepatnya di Kampung Anitue Kel. Kaca Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan. Senin, 6 Juli 2020.

Kegiatan ini diselebggarakan Kodim 1423/Soppeng bersama instansi terkait di Kabupaten Soppeng.  

Dalam sambutannya, Dandim 1423/Soppeng, Richard M. Butarbutar, S.Ap, M.Tr (Han) mengatakan, pada dasarnya, Kabupaten Soppeng merupakan daerah yang cukup rentan terjadinya berbagai bencana alam, seperti, banjir, kebakaran hutan dan tanah longsor.


Dengan adanya latihan ini, kata Dandim, diharapkan mampu menjadikan Satgas Penanggulangan Bencana di Kabupaten Soppeng dapat bergerak secara cepat, tepat dan efisien.

Mengantisipasi terjadinya suatu bencana, Dandim pun mengimbau kepada personilnya dan seluruh pihak terkait, agar terus melaporkan setiap perkembangan perubahan cuaca alam, terutama di lokasi-lokasi yang dinilai rentan terjadinya suatu bencana.

Adapun materi dalam latihan penanggulangan bencana banjir ini, meliputi :
1. Evakuasi warga yang terisolasi banjir.
2. Distribusi logistik dan air minum ke sejumlah Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya masih terendam banjir.
3. Pelayanan khusus warga yang terpapar covid.
4. Pelayanan di tenda pengungsi.


Letkol Inf Richard M Butarbutar, S. Ap., M. Tr (Han) berharap melalui latihan gabungan ini, pihaknya bisa mengintegrasikan, siapa berbuat apa, sehinggan terkonsisten satu sama lain dan dapat dijadikan sebagai sarana prasarana untuk mencapai proses profesionalisme dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Baik tugas Operasi Militer Perang (OMP), kata Dandim mengakhiri sambutannya, maupun tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP), di antaranya, membantu Pemerintah Daerah dalam menanggulangi segala bentuk bencana alam.

Bupati Soppeng dalam sambutannya, antara lain, menyampaikan terima kasih kepada TNI khususnya Kodim 1423/Soppeng karena telah memprakarsai kegiatan Latihan Penanggulangan Bencana ini.


Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada selurih instansi yang terlibat, karena menurutnya, kegiatan ini merupakan suatu pengabdian dan menjadi nulai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.  

Bupati berharap, di masa mendatang, masih diberi kekuatan untuk tetap menjalankan tugas.

"Semoga di masa yang akan datang, kita masih diberi kekuatan untuk tetap menjalankan tugas demi pengabdian kita untuk Negara," harapnya. (usa)

Tidak ada komentar