Breaking News

Karbhak Kodim 1423/Soppeng, Rehab Rumah Warga Tak Mampu



Soppeng, SuaraPalapa.Com -- Ketika membayangkan pakaian loreng dengan senjata, image akan tertuju kepada tentara yang siap pasang badan, dengan sikap tampan sempurna tanpa senyum, siap berperang melawan musuh negara.

Rupanya, image ini terlalu sempit dan dangkal, khususnya prilaku TNI di Republik Indonesia ini. TNI tak hanya berteori memperbaiki nasib bangsa, tetapi mereka lebih cepat merespon nasib warga yang malang.

Lihat saja, salah satu bagian terkecil dari sekian banyak yang telah ditorehkan untuk bangsa ini, dengan kegiatan Karya Bhakti (Karbhak) Kodim 1423/Soppeng.

Demi meringankan beban masyarakat, Kodim 1423/Soppeng membantu warga kurang mampu di tengah pandemi Covid - 19 dengan bekerja bakti merehabilitasi rumah tidak layak huni milik warga Policcu Dusun Tampaning Desa Patampanua Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan, Senin, 22 Juni 2020.

Berawal ketika Babinsa Koramil 1423-02/Marioriawa,  melaksanakan giat rutin memantau wilayah dan melihat kondisi rumah warga milik Conding berbahan kayu yang telah lapuk dimakan anai, ukurannya pun hanya 3 x 4 meter, dihuni 4 orang sekeluarga.

Bhabinsa setempat Serda Muh. Ishak, melihat kondisi ini menjadi miris hati dibuatnya. Pihaknya pun dengan sigap    melaporkannya kepada atasannya, Pjs. Danramil 1423-02/Marioriawa, Pelda Said.

Menanggapi laporan itu, Danramil tersebut,  meneruskan kepada Komandan Kodim 1423/Soppeng Letkol Inf Richard M Butarbutar, S. Ap., M. Tr (Han).

Informasi tersebut, Dandim Soppeng ini pun merespon cepat dengan memerintahkan jajarannya berkoordinasi dengan Pemdes setempat.

Hasil koordinasi antara 2 instansi, Kodim dengan Pemdes Patampanua, terhadap pembenahan rumah warga yang tak mampu tersebut adalah Kodim melaksanakan kegiatan Karbhak.

Dandim ini mengatakan, Karbhak ini memanfaatkan Satkowil Kodim 1423/Soppeng Semeter I TA. 2020.

Pihaknya memerintahkan Pasiter untuk dijadikan sasaran Karbhak rehab rumah tidak layak huni bekerja sama dengan Pemerintah Desa Patampanua Kecamatan Marioriawa.

Menindaklanjuti Perintah Dandim 1423/Soppeng ini, Pasiter Kapten Inf Sailella berkoordinasi dengan Koramil 1423-02/Marioriawa untuk merencanakan rehab rumah tidak layak huni tersebut mulai dari tahap pembongkaran, pengerjaan sampai dengan selesai.

Rumah tersebut terpilih sebagai sasaran dengan alasan, ukuran rumah hanya 3 x 4 meter, dihuni  4 orang sekeluarga dan akan direhab menjadi berukuran 4 x 6 meter.

Keterangan dari Pemdes Patampanua, kalau rumah tersebut belum terdaftar dalam giat bedah rumah dalam program Pemdes, juga menjadi salah satu alasan.

Alasan lainnya, Pemdes setempat siap bekerjasama dan mendukung kegiatan tersebut.

Bantuan rehab rumah ini merupakan bagian dari bentuk perhatian Kodim 1423/Soppeng kepada masyarakat di wilayah tanggung jawab teritorialnya.

Conding, warga Policcu,  pemilik rumah yang bakal direhab rumah miliknya, tak lupa mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian yang telah diberikan TNI khususnya Kodim 1423/Soppeng.

"Kami sekeluarga sangat berterima kasih kepada TNI atas perhatian yang sungguh - sungguh memperhatikan nasib rakyat, mengangkat harkat dan martabak rakyat seperti kami ini pak," ucap Conding kepada Dandim 1423/Soppeng bersama jajarannya, disaksikan Kades Patampanua, Amiruddin, S.Ag, bersama sejumlah aparatnya serta beberapa tokoh masyarakat setempat. (usa)

Tidak ada komentar