Breaking News

Ilmu Pemerintahan Unismuh Gelar Webinar Nasional, Membahas Desain Pilkada di Tengah Pancemi Covid-19




Citizen Reporter 

Laporan: Natasyah Dewanty

Mahasiswa Komunikasi Fisip Unismuh Makassar 


Pangkep, SuaraPalapa.Com -- Program Studi (Prodi) Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar, Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMJIP) Unismuh Makassar, Forum Komunikasi dan Kerjasama Mahasiswa Ilmu Pemerintahan se-Indonesia (FOKKERMAPI) DPD Sulawesi Selatan sukses mengadakan webinar nasional, Kamis (18/6/2020).

Webinar kali ini mengusung tema "Desain Pilkada Serentak di Tengah Pandemi Covid-19", live menggunakan platfrom Zoom pada pukul 14.00 WITA.

Acara tersebut menghadirkan empat narasumber yakni; Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, S.IP., M.Si., Komisioner KPU Provinsi Sulsel, Dr. Syarifuddin Jurdi, S.IP., M.Si.

Akademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Abdul Hamid, Ph.D. Serta akademisi Unisnuh Makassar, Dr. Junaedi, SH., S.IP., MH., M.Si.

Pengantar disampaikan oleh Dekan FISIP Unismuh Makassar, Dr. H. Ihyani Malik, S.Sos., M.Si. 

Dalam sambutannya, mengatakan, tema yang digagas merupakan sesuatu yang layak untuk diperbincangkan di era pandemi ini. Bagaimana nanti desain pilkada.

"Yang sekarang kita pertanyakan, bagaimana mendesain pilkada di era yang tidak bertemu ini. Bagaimana teknis pelaksanaannya nanti, perlu kita bicarakan," pungkasnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020.

Perppu ini mengatur penundaan pemungutan suara Pilkada 2020 dari September menjadi Desember atau bisa lebih lama lagi tergantung situasi pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Pilkada 2020 akan digelar di 270 wilayah di Indonesia. 270 wilayah ini meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Diskusi ini  dipandu host, Ahmad Harakan, S.IP., M.Si yang juga Sekjur Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar didampingi,  co host, Alwi Iswar sebagai Mahasiswa Ilmu Pemerintahan.

Adapun moderator yang memandu keberlangsungan diskusi tersebut yaitu, Ahmad Luthfi (Ketua Fokkermapi Sul-Sel).


Tidak ada komentar