Breaking News

Hadapi New Normal, Pemdes Timusu Siapkan Ruang Isolasi



Rumah Isolasi, dipersiapkan Pemerintah Desa Timusu Kec. Liliriaja Kab. Soppeng


Soppeng, SuaraPalapa.Com -- Pemerintah Desa (Pemdes) Timusu Kec. Liliriaja Kab. Soppeng, tampak sangat serius dalam penanganan Covid 19 ini. Keseriusan itu terlihat dari kesiapan desa ini menghadapi kehidupan baru atau New Normal.

Lihatlah, di desa ini, jika dibandingkan dengan beberapa bulan sebelumnya, kini Timusu tampak berbeda dari biasanya. Saat ini telah tersedia pasilitas Ruang Isolasi dilengkapi sarana tempat tidur lipatan, juga lumbung pangan di dalamnya. Bahkan tersedia beberapa karung beras.


Lumbung Pangan Desa Timusu

Kepala Desa (Kades) Timusu Firdaus, di kantornya, Rabu, 23 Juni 2020, mengatakan, beras tersebut, hasil swadaya masyarakat melalui perogram jempitan, diharapkan bila terdapat warga kekurangan pangan, akan dibantu melalui beras tersebut, 

Dikatakan, khusus ruang isolasi, dipersiapkan kepada pendatang tak bisa isolasi mandiri atau  karena mungkin tak memiliki rumah sendiri atau ada faktor lain, maka ruang isolasi ini menjadi alternatif, mencegah penyebaran virus Corona.

"Hidup ini terus berjalan, tentu ke depannya kita memasuki fase kehidupan baru, kebiasaan-kebiasaan sebelum adanya Pandemi Covid 19 ini, tidak biasa kita lakukan, namun saat ini menjadi wajib kita lakukan seperti Cuci tangan sebelum masuk rumah, pakai masker bila kita berpergian atau kita berada di tempat umum," jelas Kades Firdaus yang juga Jurnalis Harian Berita Kota Makassar ini.

Wisata mancing Desa Timusu Kec Liliriaja Kab Soppeng, kini dipercantik untuk menuju kehidupan New Normal

Setiap rumah penduduk di Desa Timusu, terlihat tersedia tempat cuci tangan dilengkapi sabun, termasuk masker untuk para keluarga penghuni rumah tersebut

Salah satu Kepala Keluarga (KK) di desa itu, menolak namanya dipublikasikan, ditemui media ini, mengatakan, ketersediaan tempat cuci tangan dan sabun, di setiap rumah, selain karena atas kesadaran sendiri dalam menjaga kesehatan dan keselamatan bersama, juga karena memang Kades Timusu selalu menghimbau masyarakat pentingnya alat pelindung diri berupa masker dipakai.

Kini, juga sarana wisata lokal, sudah dipercantik termasuk Taman Desa dan Wisata Mancing Cekdam, ini semua bertujuan agar masyarakat tidak terlalu jenuh berada di kampung, selalu ada suasana nyaman bila memasuki Desa Timusu, maka kebersihan lingkungan tetap terus terjaga, dan armada sampah juga tersedia beserta Kendaraan Desa Siaga Sitiroang Deceng, tersedia setiap waktu bila diperlukan, kata Firdaus. (usa)

Tidak ada komentar