Breaking News

Bincang Santai dengan Kades Tellulimpoe Lahirkan Solusi Tanggulangi Banjir di Madining




Soppeng, SuaraPalapa.Com -- Berbincang santai di teras Kantor Desa Tellulimpoe Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng, Selasa, 9 Juni 2020, beberapa hal diperbincangkan, mulai dari yang lucu hingga logis.

Diperbincangan itu, ada Kades Tellulimpoe, Darwis, S.IP, Wakil Ketua LPMD Desa Tellulimpoe, Ahmadi HT, S.Pd, Ketua RT I Padali Desa Tellulimpoe Kamaluddin, tokoh masyarakat, Anistan dan Pemred Jurnal Time, Lukman.

Salah satu perbincangan yang dinilai mampu mensejahterakan masyarakat di dua desa/kelurahan (Desa Tellulimpoe dan Kelurahan Attangsalo) adalah solusi menanggulangi banjir yang kerap melanda Madining Kelurahan Attangsalo.

Bagi mereka, salah satu caranya adalah membangun sungai dari hulu Sungai Madining yang terletak di Desa Tellulimpoe.

Jika itu dilaksanakan, maka akan dapat mengeliminir banjir yang kerap terjadi di Madining 

Menurut mereka, sungai itu akan dipercabang menjadi dua sungai. Sungai yang baru itu sekitar 2,5 KM dihubungkan dengan sungai yang ada di Padali Desa Tellulimpoe. 

Soal konstruksi dan biaya diserahkan kepada ahlinya. Selaku Kades, Darwis sangat merespon hasil perbincangan ini. Ia malah akan melakukan survey dan sosialisasi terutama kepada masyarakat yang tanahnya dilalui sungai. 

"Jika ini dapat terwujud, bukan hanya masyarakat Madining yang menikmati terhindar dari banjir tetapi juga masyarakat Tellulimpoe yang dapat mengairi sawahnya yang dilalui sungai," ujar Kades Tellulimpoe Darwis.

"Soal biaya, saya kira jika pemerintah berkehendak, semua bisa terjadi demi kesejahteraan masyarakat," kata Darwis.

Darwis pun berusaha agar rencana ini bisa terwujud, perlu mensosialisasikan agar pemerintah di tingkat pusat bisa memahami keinginan dan kebutuhan ini, sehingga sungai itu bisa dibangun dengan dana bersumber dari APBN. Tentunya dukungan dari masyarakat dan pemerintah provinsi serta kabupaten sangat diperlukan, tutup Darwis. (usa)

Tidak ada komentar