Breaking News

Beras Jempitan di Tengah Pandemi, Pacu Semangat Gotong-Royong Masyarakat Timusu




Posko BALLA EWAKO Situruang Deceng Desa Timusu Kec Liliriaja Kab Soppeng


Soppeng, SuaraPalapa.Com -- Patut disyukuri, kendati di tengah Pandemi Virus Corona 19 (Covid-19), yang melanda ini, tak sedikit berpengaruh terhadap berbagai sendi kehidupan sosial masyarakat

namun dengan
semangat kebersamaan tak mempengaruhi masyarakat Desa Timusu dalam bergotongroyong sebagai modal besar meraih impian.

Hal ini bisa dilihat dengan sebuah  Inovasi selama ini berjalan. Bahkan sudah mengakar bagi masyarakat Desa Timusu Kec. Liliriaja Kab. Soppeng melaui Program Dasa Wisma, yakni beras jempitan. Keberadaan perogram ini dirasakan sangat membantu Pemerintah Desa Timusu, khususnya pada kondisi tertentu, seperti saat ini di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini dikatakan Kades Timusu, Firdaus, di ruang jerjanya, Selasa, 16 Juni 2020. 

Apalagi sekarang ini, lanjutnya, Pemerintah Desa melaui Tiga pilar, yakni; Kepolisian, TNI dan Pemerintah Desa sendiri, telah membentuk Desa Tangguh Balla Ewako Situruang Deceng, termasuk di Desa Timusu. Salah satu perogramnya adalah mewujudkan Ketangguhan Pangan.

Program ini, jelas Kades Firdaus, sejalan dengan apa yang selama ini telah berjalan di tengah masyarakat melalui kelompok Dasa Wisma yakni beras jemputan.


Nampak Pengurus Dasa Wisma, saat menyerahkan beras jemputan kepada Kepala Pengurus Kampung Tangguh Nusantara Situruang Deceng Desa Timusu Kec Liliriaja Kab Soppeng

Dijelaskan, dengan program ini, setiap rumah di Desa Timusu ada ember kecil yang tersedia biasanya di teras rumah atau di tempat lain yang isinya kurang lebih satu liter beras.

Pada kondisi dibutuhkan, kata Firdaus, beras 1 liter di ember kecil yang ditaruh di setiap rumah itu, akan dikumpulkan oleh Pengurus Dasa Wisma  dalam satu tempat atau ruangan yang sudah ditentukan.

Misalnya, kata Firdaus, saat ini beras tersebut dikumpulkan di Posko Balla Ewako Situruang Deceng Desa Timusu.

Beras sumbangan masyarakat tersebut, jelasnya, saat ini dikumpul di Posko, bertujuan jika terdapat warga, dinilai tidak mampu dan membutuhkan, maka beras jempitan ini dapat saja disumbangkan kepada mereka di tengah pandemi Civid-19 sekarang ini.

Hal ini, menurut Kades Firdaus, sudah sering dilakukan.

"Seperti kemarin, beberapa karung beras, kita kirim ke Palu saat peristiwa tsunami untuk membantu saudara-saudara kita, terdampak sunami," kata kades ini.

Begitu pula, tandasnya, berbagai kegiatan lainnya yang sering dilakukan, semuanya dibantu melalui kelompok Dasa Wisma dengan program beras jempitan. (usa)

Tidak ada komentar