Breaking News

Siswa SDN 1 Bahodopi Morowali Arman Nova Pakai Seragam UAS Sendiri di Rumahnya




Citizen Reporter 

Laporan: Al Hidayah

Mahasiswa Komunikasi Unismuh Makassar

Melaporkan dari Morowali 

Di masa pandemi Covid-19 ini cukup memprihatikan,  proses pembelajaran  dibatasi dan tidak bertatap muka, namun hanya lewat daring gunakan android dan anak SD pun mengharuskan Ujian Akhir Semester (UAS) di rumah pada 29 April sampai 1 Mei 2020.

7 mata pelajaran, dijadikan Ujian Akhir Semester, yaitu; Bahasa Indonesia, Matematika, PKN, IPA, IPS, Agama Islam dan Seni Budaya.

Salah seorang siswa Kelas VI SDN 1 Bahodopi di Desa Bahodopi Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah l, Arman Nova Hidayah, akrab disapa Arman, mengikuti UAS secara online.

Lewat bantuan pesawat android, siswa dan guru berkomunikasi dan mengirimkan soal-soal UAS menggunakan aplikasi WhatsApp, lalu Arman mengerjakan dengan waktu yang sudah tertera di soal UAS.

Siswa ini mengerjakan soal yang telah dikirimkan guru dengan tetap menggunakan seragam sekolah sebagai tanda bukti dengan berfoto bahwa ia sedang  mengikuti UAS.

Sisi lain dari dari UAS online di masa pandemi Covid-19 ini, orang tua siswa lebih leluasa mengajari anaknya soal-soal yang dianggap sulit untuk mengerjakan.

Orang tua di rumah sangat berperan penting bagi anak-anaknya sekaligus madrasah pertama untuk anaknya.

Keluhan dari orang tua siswa, minimnya jaringan mengharuskan Arman keluar rumah cari jaringan mengirimkan hasil  jawaban yang telah dikerjakan ke gurunya.

Dan ujung-ujungnya siswa ini tetap ke luar rumah, semoga saja ada kebijakan dari sekolah bagi yang terkendala jaringan, ujar orang tua Arman.

Berjarak sekitar 3 KM dari rumah untuk mendapatkan jaringan yang lebih bagus dan ditemani kakaknya mengendarai motor, berlangsung selama 3 hari berturut-turut, Arman ke luar rumah dan hanya mengandalkan masker setiap ke luar.

Tidak ada komentar