Breaking News

Jalani Ramadhan 1441 H, Pasar Tanete dan Palampang Tetap Ramai di Tengah Pandemi Corona




Citizen Reporter

Laporan: A. Mufidatunnisa

Mahasiswa Komunikasi Unismuh Makassar Melaporkan dari Bulukumba


Bulukumba, SuaraPalapa.Com -- Seperti tahun sebelumnya, jika memasuki bulan suci Ramadhan, kawasan Pasar Tanete Bulukumba selalu ramai dikunjungi pembeli.

Meskipun di bulan Ramadhan kali  ini sedang dilanda pandemi global wabah virus Corona jenis Covid-19, namun pasar yang berada di Tanete ini masih kelihatan ramai transaksi penjual dan pembeli.

Hasil pemantauan, pekan terakhir April 2020,  keadaan Pasar Tanete, terlihat tidak ada warung atau toko yang tutup, semua tampak seperti biasa meski sudah ada himbauan tidak beraktivitas di kerumunan atau keramaian. 

Penjual sembako masih ramai didatangi pembeli. Pedagang lauk pauk ayam dan ikan pun ramai. Semua terlihat sibuk melayani pembeli yang datang dan melakukan transaksi.

"Di sini penghasilan saya per hari. Kalau yang ada gaji bulanan sih enak bisa libur. Kalau kami yang pedagang mana bisa," ujar Anto (50) salah satu pedagang ayam yang berjualan di Pasar tersebut, Senin, 27 April 2020.

Hal serupa juga terjadi di Pasar Palampang Bulukumba, dengan aktivitas seperti biasa terjadi di pasar ini. 

Nasir (45) salah seorang penjaga pasar mengatakan tidak bisa dipungkiri masyarakat selalu membutuhkan ketersediaan bahan pangan setiap hari, jadi mau tidak mau aktivitas pasar harus tetap terjadi guna memenuhi kebutuhan.

"Cukup sulit kalau mau diberhentikan penjualan, karena kan semua ada keuntungan. Penjual mendapat uang dan pembeli mendapat barang untuk memenuhi kebutuhan makanannya," kata dia.

Meskipun ada himbauan dari pemerintah untuk sementara waktu tidak beraktivitas di luar rumah, menurutnya hal tersebut tidak bisa diterapkan di pasar.

"Kalau kebijakan itu, saya rasa tidak berlaku di pasar. Tapi kita semua tetap menjaga kebersihan dan mengupayakan semua pedagang menyediakan sabun untuk cuci tangan setelah melakukan transaksi jual beli," ujarnya.


Tidak ada komentar