Breaking News

Disaksikan Unsur Forkopimcam, 173 KK Terima BLT dari Kades Congko




Soppeng, SuaraPalapa.Com -- Dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) Kecamatan Marioriwawo, Pemerintah Desa (Pemdes) Congko menyerahkan Bantuan Langsung Tunai kepada ke-173 penerima bantuan tersebut.

Penyerahan BLT ini, berlangsung di Kantor Pemdes Congko di Congko Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng, Rabu, 20 Mei 2020.

Penentuan penerima BLT dilakukan dalam suatu Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) desa tersebut beberapa hari lalu.


Musdesus ini diselenggatakan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) telah menyepakati hal yang bersifat strategis sesui dengan Peraturan Pemerintah (PP).

Sesuai peraturan tersebut,  jenis Musdes, sehubungan dengan adanya bencana yang diakibatkan oleh penyebaran pandemi Corona Virus  2020 (Covid-19) yang berdampak bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam rangka pengelolaan dana desa melalui BLT kepada penduduk miskin, Pemdes Congko salurkan dana BLT kepada warga yang layak menerima dari dua Dusun, Congko dan Kampiri.


Kepada masyarakat penerima, membawa copy KK dan KTP.  Jumlah penerima dari Dusun Congko  sebanyak 101 KK dan dari Dusun Kampiri sebanyak 72 KK. 

Kepala Desa Congko Muh. Jafar, S.Sos menyampaikan, mayoritas masyarakat menyatakan dirinya terdampak Covid-19 dan memberikan apresiasi kinerja Relawan Desa Lawan Covid-19 melalui seluruh Ketua RT yang melakukan pendataan serta memverifikasi calon penerima BLT-Dana Desa menyampaikan pula apresiasi terhadap kinerja Relawan Desa Lawan Covid-19.

Adapun DD, Desa Congko sebanyak Rp 1.038.251.000 X 30 persen untuk penyaluran BLT bantuan langsung tunai ke masyarakat, dana desa yang akan di salurkan oleh Pemdes Congko sebanyak Rp. 311.400.000 dari jumlah 173 Kepala keluarga ujarnya. 


Salah satu unsur Forkopimcam, Polsek Marioriwawo Iptu Agustinus Teko, SH yang dikonfirmasi mengatakan, selaku penegak hukum, mengontrol wilayah, ini bantuan yang disalurkan kepada masyarakat.

Pihaknya mengingatkan kepada Pemdes Congko, data penerima dicek  dengan baik jangan sampai ada yang dobel.

Babinsa serma Laenre
menyampaikan pula kepada Pemerintah Desa Congko dan BPD, berharap Pemdes Congko, dalam mengambil keputusan agar senantiasa berpedoman pada petunjuk teknis terkait BLT-Dana Desa untuk meminimalisir adanya kesalahan dan jangan sampai mengambil keputusan yang dapat menjadi masalah hukum di kemudian hari.

Hadir di acara itu, Camat Marioriwawo diwakili Kasi Pemerintahan A. Sonny Pabeangi, Kapolsek Marioriwawo Iptu Agustinus Teko, SH, Kades Congko, Muh Jafar, S.Sos, Babinsa Serma Laenre, Ketua BPD Desa Congko, Haruna, Pendamping Desa Congko Astati dan Sutri, para Kepala Dusun, Ketua RT/RW, Karang Taruna  tokoh masyarakat, agama se- Sesa Congko. (usman27)

Tidak ada komentar