Breaking News

PPDB Via Online, Solusi MAN 1 Soppeng di Tengah Corona





Soppeng, SuaraPalapa.Com -- Wabah virus Corona atau Covid-19 membuat proses pembelajaran selesai lebih cepat. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun memperpanjang masa darurat hingga 29 Mei 2020 mendatang. Tak ayal, beberapa agenda pembelajaran harus ditunda.

Di tengah pandemi virus covid 19 melanda Indonesia, mengharuskan siswa tetap tenang, tidak panik dan self isolasi. Self isolasi himbauan pemerintah mengharuskan masyarakat agar berdiam diri di rumah selama 14 hari dan tidak boleh ke tempat public, maka PPDB online adalah solusinya.

MAN 1 Soppeng sebagai salah satu Madrasah yang banyak diminati senantiasa hadir untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, salah satunya adalah dengan menghadirkan layanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2020/2021 melalui website madrasah
calon peserta didik baru tetap bisa mendaftar sekolah tanpa harus datang ke sekolah dengan cukup mengklik menu PPDB pada website madrasah di https://ppdb.man1soppeng.sch.id. Setelah itu mengisi form pendaftaran yang ada di link tersebut serta mendownload surat pernyataan pada menu Download.

Berpedoman pada SK Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI)  Nomor 7265 Tahun 2019 tentang PPDB pada Raudlatul Atfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Madrasah Aliyah Keguruan (MAK) Tahun Pelajaran 2020/2021 dan surat Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar, terdapat 3 ketentuan PPDB pada masa darurat ini.

Pertama, madrasah diminta menyiapkan mekanisme PPDB, mengikuti protokol kesehatan. Hal itu dilakukan sebagai langkah preventif untuk menahan laju penyebaran Covid-19, termasuk mencegah berkumpulnya peserta didik dan orangtua secara fisik di madrasah. 

Kedua, Kemenag menganjurkan seluruh madrasah melaksanakan PPDB secara daring dan/atau bentuk lain dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Ketiga, Kemenag menyerahkan mekanisme penetapan hasil PPDB dilakukan oleh madrasah masing-masing sebagai penyelenggara.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Soppeng sebagai salah satu Madrasah Negeri yang berasrama pada Tahun Pelajaran 2020/2021, kini membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online melalui website www.man1soppeng.sch.id yang baru-baru dilauncing diawal April tahun 2020.

Demikian diungkapkan oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas Hj. Syiamah.

Sementara itu, Ketua Panitia PPDB MAN 1 Soppeng, Salama menjelaskan, PPDB online ini baru pertama dilakukan karena adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan peserta didik stay home.

Dikatakan, pendaftaran online menjadi alternatif solusi selama pandemik Covid-19. Ini adalah cara mencegah berkumpulnya siswa dan orang tua secara fisik di madrasah diharapkan dapat meminimalkan penyebaran virus corona.

“Pendaftaran online ini juga merupakan ikhtiar kami, untuk tetap mempermudah proses pendaftaran yang akan dilakukan oleh calon peserta didik baru/wali, dan semoga kita semuanya tetap senantiasa dalam lindungan Allah SWT,” harapnya.

Ketua PPDB MAN 1 Soppeng ini menjelaskan, Pada tahun pelajaran 2020/2021 ini, MAN 1 Soppeng membuka kuota untuk 288 siswa dengan kapasitas masing-masing kelas 36 siswa untuk 8 kelas terdiri dari 3 (tiga) jurusan, yakni; Jurusan MIA (Matematika dan Ilmu Alam), IIS (Ilmu-ilmu Sosial, dan IKA (Ilmu-ilmu Keagamaan). PPDB MAN 1 Soppeng lebih praktis karena peserta didik tidak perlu berbondong-bondong mendatangi sekolah. 

"Dengan cara online ini, kami berharap peserta didik atau orang tua yang ingin mendaftarkan putra putrinya ke jenjang pendidikan menengah atas, maka PPDB online MAN 1 Soppeng adalah salah satu solusi terbaik,” harap Salama.

Sementara dihubungi via ponsel Kepala MAN 1 Soppen, Musmuliadi mengatakan, jika penggunaan IT dalam dunia pendidikan sudah menjadi kebutuhan di era sekarang ini walaupun tidak ada wabah virus Covid-19.

“Sebenarnya, walaupun tidak ada pandemi Covid-19, PPDB online ini memang sudah menjadi tuntutan zaman, karena kita ada di zaman revolusi industri 4.0 yang setiap orang rata-rata lebih familiar dengan alat teknologi seperti HP. Maka model PPDB online memudahkan mereka daftar sekolah dengan cepat dan mudah dengan mengakses website madrasah langsung dari rumah,” ungkap guru BK TIK ini.

Dengan PPDB online, sambungnya, calon peserta didik tidak perlu datang lagi ke sekolah untuk mendaftar dan ini sangat membantu dan memudahkan orang tua, terutama yang rumahnya jauh agar tidak susah-susah mengantarkan anaknya untuk datang mendaftar.

“PPDB online ini, juga memudahkan administrasi madrasah. Karena ketika calon peserta didik mendaftar, mereka secara otomatis terekam dan terekap dalam form sekolah. Jadi Pihak sekolah tidak perlu lagi mengentry ulang identitas calon peserta didik baru,” urainya.

PPDB online MAN 1 Soppeng, jelasnya, sebagaimana petunjuk dari Direktorat KSKK dimulai dari 9 Maret 2020 dinyatakan dibuka dan akan ditutup hingga 5 Mei 2020. 

Dikatakan, suatu saat link pendaftaran akan tertutup secara otomatis jika kuota terpenuhi. Tahun ini MAN 1 Soppeng akan menerima sebanyak 288 siswa sesuai kuota yang ada. (usa)

Tidak ada komentar