Breaking News

Bisnis Laundry di Antang Makassar Menurun Omset dan Ada Tutup Sementara




Citizen Reporter

Laporan : Hawayni
Mahasiswa KPI Unismuh Makassar
Melaporkan dari Antang Makassar


Makassar, SuaraPalapa.Com --  Merabaknya pandemi Covid-19 di Indonesia awal Maret 2020 berdampak di segala sektor terutama ada  sektor perekonomian mengalami penurunan yang sangat signifikan.

Sektor terasa terkena imbas Covid-19 salah satunya bisnis laundry. Seperti diketahui sebelumya bisnis ini menjamur di Makassar. Bisnis laundry ini sangat mudah untuk di jumpai di sepanjang jalan menuju Antang Makassar.

Beberapa laundry  ada di poros Nipa-Nipa,  Antang Makassar, termasuk beberapa laundry sudah 1 bulan menutup usahanya untuk sementara,  karena beberapa pelanggannya sudah pulang kampung. 

Para pekerja dan para mahasiswa yang biasa menjadi langganan, kini tidak memasukkan pakaian ke  laundry.

Suasana yang terlihat di depan salah satu usaha loundry di  Nipa- Nipa antang Makassar, Kamis sore 2 April 2020, jalanan di depan laundry yang merupakan jalan utama yang ada di Antang Makassar terlihat sepi dan lengang.


Hanya beberapa motor dan mobil  yang melintas, dimana jalan ini sebelumya selalu ramai di padati warga yang beraktivitas.

Sejak wabah Covid -19 bisnnis laundry mengalami penurunan omset yang sangat drastis mencapai lima puluh persen dibandingkan hari biasanya.

Beberapa pelanggan laundry di Antang Makassar, lebih memilih untuk mencuci baju sendiri, karena semenjak di liburkan sekolah dan kantor, para pekerja kantoran dan mahasiswa yang  menitipkan bajunya ke laundry, karena tidak mempunyai waktu untuk mencuci disebabkan kesibukan di kantor dan di kampus, kini tidak lagi karena waktu mereka kini banyak di habiskan di rumah.

Alasan lain pelanggan tidak menitipkanpakan pakaian  di laundry demi menekan penyebaran virus covid-19 karena meraka khawatir jika pakaian tercampur dengan baju orang lain yang terkontaminasi dengan pakaian orang yang membawa virus ini pada saat proses pencucian.

Para pemilik laundry menjaga agar dirinya dan para karyawannya tetap sehat dan terhindar dari paparan virus ini

Para pemilik laundry yang ada di Antang Makassar berharap agar virus covid-19 ini berakhir dan keadaan menjadi kondusif kembali, agar laundry dapat menaikkan pemasukannya kembali setelah mengalami penurunan yang sangat drastis.


Tidak ada komentar