Breaking News

Anggota DPR Dr. Aras, Desak Pemprov Sulsel Tetapkan Status PSBB


Anggota DPR/MPR RI Dr. H. Muh. Aras,w S.Pd, MM, yang juga Ketua DPW PPP Sulsel. (foto : hamka anas)


Makassar, SuaraPalapa.Com --Sulawesi Selatan diminta segara ditetapkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebelum terlambat. Begitu kata Anggota DPR RI Dr. H. Muh. Aras, S.Pd, MM di Makassar, Senin, 12 April 2020.

Anggota Fraksi PPP DPR/MPR RI ini memberi alasan perlunya segera ditetapkan status PSBB ini di Sulsel.

Pertama; penyebaran Covid-19 di Sulawesi Selatan merupakan wilayah tertinggi di luar pulau Jawa. Hingga saat ini, jumlah kasus positif Covid-19 di Sulsel sebanyak 222, di antaranya; meninggal dunia sebanyak 25 orang dan sembuh sebanyak 19 orang.

Kedua, mengingat hal itu dan demi memutus rantai penyebaran virus corona ini, maka pihaknya meminta Pemprov Sulsel segera menetapkan PSBB, bukan hanya Pembatasan Sosial Berskala Kecil (PSBK) yang dilaksanakan di Kota Makassar. 

Ketiga; PSBK tidak berkesesuaian  dengan regulasi yang berlaku. Karena sesungguhnya, dasar hukum yang menjadi pedoman utama dalam pembuatan regulasi menghadapi wabah COVID-19 yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang PSBB dan yang kedua adalah Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman PSBB. 

Keempat; penerapan pembatasan sosial tidak bisa dilakukan secara parsial, di kecamatan-kecamatan tertentu. Namun harus mengacu pada aturan yang ada kemudian dirinci, diperjelas dan dipertegas oleh peraturan gubernur. 

Kelima;  Anggota Komisi V DPR RI ini meminta kepada pemerintah agar memperketat pintu masuk Sulawesi Selatan, terutama Kota Makassar yang juga menjadi episentrum Covid-19. Di antara langkahnya adalah dengan memperketat setiap orang yang masuk ke Sulsel dan dilakukan cek kesehatan serta diterapkan Isolasi 14 hari.

Keenam; selain itu semua, kepada Pemprov Sulsel agar memastikan dan menjamin kesejahteraan masyarakat miskin dan warga terdampak virus tersebut. 

Demikian Siaran Pers Anggota DPR RI Dr. H. Muh. Aras, S.Pd, MM, juga Ketua DPW PPP Sulsel ini, tiba di meja redaksi Suara Palapa, pada Senin, 13 April 2020, pukul 12.59 WITA, melalui WhatsApp Tenaga Ahlinya, Hamka Anas. (usa)



Tidak ada komentar