Breaking News

Wisuda Akbar 207 Hafidz/Hafidzah Ma'had Al-Birr Unismuh Makassar


 


Makassar, SuaraPalapa.Com -- Sejak pukul 06.30 pagi, Ahad 15 Maret 2020, satu persatu peserta wisuda akbar tahfidz bersama orang tua mereka memasuki Onix Ballroom Hotel Myko Panakkukang Makassar.

Sekira pukul 07.30, para peserta wisuda dengan wajah ceria dan cerah telah menempati kursi masing-masing secara tertib. Termasuk keluarga dan para tamu undangan. 

Sebanyak 207 peserta mengikuti wisuda akbar tahfidz ke-4, diadakan oleh Markaz Tahfidz Alquran Ma'had Al-Birr Unismuh Makassar dan Markaz Tahifdz binaan Ma'had Al-Birr  tersebar di Sulawesi Selatan, seperti Markaz Tahfidz Darul Arqam Muhammadiyah Gombara, Darul Aman, Al-Furqan Bantaeng, Wadi Mubarak Malino dan Darul Arqam Balebo.

Koordinator Markaz Tahfidz Ma'had Al-Birr, Ust. Abd. Aziz al-Hafidz mengungkap alasan mengapa acara wisuda tahfidz diadakan di hotel yang mungkin bagi sebagian orang tidak lazim. 


"Kapan lagi kita memuliakan para huffadz jika bukan sekarang. Selama ini mereka menghafal dengan fasilitas terbatas maka kami ingin memberi mereka suasana yang berbeda sebagai bentuk apresiasi kepada mereka," jelasnya. 

Ustadz Aziz juga mengumumkan peserta wisuda terbaik tahun ini dan berhak mendapat hadiah satu paket umrah dari Wagub Sulsel, yaitu atas nama al-Hafidzah Evi Faura.

Turut memberi sambutan adalah Rektor Unismuh Makassar Prof. Dr. H. Abdul Rahman Rahim, SE., MM.  

"Ma'had Al-Birr adalah bagian dari Unismuh. Karena itu ananda para hafidz dan hafidzah saya undang untuk ikut event wisuda Unismuh yang lebih besar nanti agar lebih banyak yang menyaksikan dan termotivasi untuk menghafal dan mengamalkan Alquran," ungkap Rektor Unismuh ini.


Rektor Unismuh juga menjanjikan untuk membangun gedung tahfidz yang baru dan lebih besar di kawasan Bollangi Gowa agar Markaz Tahfidz tidak lagi menyewa gedung untuk menghafal.

Ucapan selamat dan apresiasi juga disampaikan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, Drs. KH. Mawardi Pewangi, M.Pd.I.
Sedang Direktur Ma'had Al-Birr Unismuh, KH Lukman Abd. Samad, Lc. mengungkapkan rasa gembira atas pelaksanaan wisuda akbar tahfidz yang ke-4 ini.

"Setelah beberapa lama kita tidak mengadakan acara wisuda tahfidz, Alhamdulillah, hari ini bisa terlaksana dengan jumlah peserta yang luar biasa," ujarnya.

Wagub A. Sudirman Sulaiman yang turut hadir dalam acara wisuda dalam sambutannya memberi ucapan selamat kepada para hafidz dan hafidzah yang telah berhasil menyelesaikan hafalan Quran-nya.


"Kemampuan menghafal Alquran adalah karunia Allah SWT yang sangat besar karena tidak semua orang bisa menghafal Alquran," ungkapnya. 

Wagub juga tak lupa memberi apresiasi kepada AMCF (Yayasan Muslim Asia) karena melalui Ma'had Al-Birr Unismuh telah banyak memberi sumbangsih besar bagi masyarakat Sulsel khususnya di bidang pengembangan pendidikan agama.

Setelah sambutan Wagub Sulsel, para huffadz memberi surprise kepada orang tua yang mendampingi mereka dengan memasang surban putih untuk ayah dan mahkota kepada ibu masing-masing, tak pelak momen ini membuat segenap yang hadir larut dalam suasana haru dan bahagia.
 
Kegiatan wisuda tahfidz juga diisi dengan ceramah ilmiah seputar Alquran dan kesehatan yang disampaikan oleh Prof. H. Veni Hadju, Ph.D.

Wisuda akbar tahfidz diakhiri dengan pengukuhan para huffadz oleh PW Muhammadiyah Sulsel, Rektor Unismuh dan Direktur Ma'had Al-Birr. (ila/yahya)




Tidak ada komentar