Breaking News

Surga Tersembunyi, Samboang, MAN 2 Soppeng Teliti Habitat Lautnya





Citizen Reporter

Laporan : Yasir Suardi


Sulawesi Selatan memang menampakkan pesonanya melalui keindahan pantai dan alam bawah laut. Selain Pantai Bira, masih banyak pantai ibarat surga yang tersembunyi dan belum diketahui kebanyakan orang layaknya Raja Ampat yang terkenal seluruh dunia dengan keindahannya.

Terletak di Desa Eka Tiro, Kecamatan Bonto Tiro, Kabupaten Bulykumba. Pantai Samboang dengan hamparan pasir putih, tebing yang penuh estetika, serta keindahan bawah laut yang nampak dari kejernihan air lautnya sanggup menghipnotis setiap petualang yang berkunjung di pantai ini.

Di balik keindahan Pantai Samboang, mirip tanah lot Bali ini, ternyata 
menyibak jutaan jenis biota laut, menarik untuk dispesifikasi.

Hari ini Minggu (15/3) Guru Sains Biologi MAN 2 Soppeng bersama 45 siswa jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIA) kelas X mengunjungi Laut Samboang dalam misi kunjungan ilmiah Biota laut, "Mengindentifikasi jenis jenis hewan invertebrata dan vertebrata."

Menggali minat dan memotivasi siswa untuk belajar sejak dini adalah tujuan dasar, di antaranya bisa mengamati langsung spesies hewan yang selama ini dipelajari di buku pelajaran. 

Namun kali ini MAN 2 Soppeng lebih melakukan lompatan analisis, bukan sekadar interaksi dengan alam akan tetapi melakukan kegiatan yang bersifat ilmiah spesifikasi dan habitat apa saja yang terdapat dalam suatu wilayah.

Hal ini diutarakan Nunu Niswa, S.Pd selaku guru biologi saat di lokasi.

"ini adalah kunjungan ilmiah di tempat berbeda dari tahun sebelumnya di pantai Kabupaten Barru, jadi nantinya kita punya database biota laut sepanjang Pantai Sulawesi, salah satunya di pantai bulukumba ini, kita dapatkan spesies Molusca yang tak dijumpai di Awerange Kab. Barru" tuturnya. 
 
Menurutnya, kegiatan ini tak sampai disini, pihak madrasah akan menjembatani minat riset siswa dengan mengintegrasikan ke dalam wadah ekskul di sekolah nantinya dalam kelompok ilmiah remaja misalnya BCC (Biologi Concervasi Club). 

Sehari sebelumnya Kepala Madrasah Dra. Hj. Sitti Hadzirah, dalam seremonial pelepasan berpesan kepada siswa untuk memanfatkan kegiatan ini dengan menggali ilmu seluas-luasnya.

"Manfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya untuk menggali ilmu dan pengetahuan sebanyak mungkin, dan tetap utamakan safety, berdoa untuk keselamatan di perjalanan sampai kembali di madrasah dan ikuti setiap tuntunan guru-guru pendamping," harap Hj. Hadzirah.


1 komentar:

  1. mantap guru pembimbingnya dan seluruh stakeholder MAN 2 Soppeng

    BalasHapus