Breaking News

Longsor di Tol Cipularang, Legislator Pusat, Dr. Aras, Desak Menteri PUPR Perbaikan Tuntas dalam Sebulan Ini





Jakarta, SuaraPalapa.Com -- Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik Anggota Komisi V DPR RI, Dr. H. Muh. Aras, S.Pd., M.M., ke lokasi kejadian longsor di sekitar Tol Cipularang KM 118+600 pada Selasa, 11 Pebruari 2020 malam lalu.

Dalam kunker spesifik tersebut, Ketua DPW PPP Sulsel ini juga bersama Direktur Jalan Bebas Hambatan dan Perkotaan Ditjen Bina Marga, Kementerian PUPR, Hedy Rahadian.

Setelah melihat secara langsung lokasi kejadian longsor, agar tak menimbulkan bahaya bagi keselamatan pengguna jalan, baik keselamatan kendaraan maupun keselamatan jiwa, Dr. Aras yang Anggota Komisi V DPR RI ini mendesak pihak Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR segera memperbaiki kembali dan menuntaskan pembangunan perbaikannya paling lambat sebulan ini.

"Saya beri waktu sebulan sejak hari ini, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR RI sudah menuntaskan perbaikannya hingga longsor ini dapat dipastikan tak membahayakan keselamatan pengguna jalan," desak Aras.

Dikatakan, perbaikan yang dilakukan, di antaranya; dengan melakukan perkuatan lereng jalan Tol Cipularang KM 118, memastikan tidak ada genangan air di sekitar lokasi kejadian longsor, memastikan saluran drainase dan gorong-gorong tidak tersumbat.

Memastikan, tandas Dr. Aras, Jalan Tol aman untuk dilalui dan melakukan pengalihan arus jalan jika dianggap perlu, selama perbaikan untuk mengurangi beban jalan.

Tidak hanya itu, Aras pun juga minta kepada pemerintah, melalui Kementerian PUPR, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan pihak berkompeten lainnya untuk mengkaji lebih mendalam bagaimana menanggulangi bencana longsor.

Bahkan dengan jiwa kemanusiaan yang dimiliki, Dr. Aras ini, kepada pemerintah minta agar melakukan relokasi terhadap warga yang terdampak bencana longsor ke lokasi yang lebih aman.

Pantauan di lokasi, perbaikan longsor di tebing setinggi 15 meter tersebut sudah mulai dilakukan. Material longsor dikeruk menggunakan tiga alat berat jenis excavator dan sudah terdapat bahan-bahan untuk membangun tebing penahan tanah (TPT).

Di lokasi kejadian, saat kunker Anggota DPR RI tersebut, Direktur Jalan Bebas Hambatan dan Perkotaan Ditjen Bina Marga, Kementerian PUPR Hedy Rahadian sudah memastikan, pengerjaan perbaikan ditargetkan selesai dalam waktu satu bulan ini.

Kapan dilakukan Kunjungan Kerja tersebut, dikonfirmasi terpisah, Tenaga Ahli Anggota (TAA) DPR RI Dr. H. Muh. Aras, S.Pd., M.M. ini, Hamka Anas mengatakan, Anggota Komisi V DPR RI Dr. H. Aras kunker spesifik ke wilayah kejadian longsor sekitaran Tol Cipularang pada hari ini, Kamis, 20 Pebruari 2020. (alimuddin)


Tidak ada komentar