Breaking News

Gelar Musrembangcam, Camat Marioriwawo Hadirkan Anggota Dewan dan SKPD

Andi Silfy Widara Ningsih Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Soppeng, salah satu dari 3 Anggota DPRD yang hadir pada Musrenbangcam Marioriwawo, Kamis, 20 Pebruari 2020. (foto: usman27)





Soppeng, SuaraPalapa.Com -- Setelah Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dan Musyawarah Rencana Pembangunan Kelurahan (Musrenbakel) tuntas digelar di masing-masing desa dan kelurahan dalam wilayah Kecamatan Marioriwawo, akhirnya, kini Camat Marioriwawo Muhamad Amin Saing menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) Kecamatan Marioriwawo.

Musrenbangcam yang dipimpin Sekcam Marioriwawo A. Ashar selaku Ketua Penyelenggara Kegiatan Musrenbangcam ini  berlangsung di Aula Kantor Camat Marioriwawo di Takalala Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng, Kamis, 20 Pebruari 2020.

Camat Mariorowawo Muh. Amin Saing dalam kata penerimaannya, menyampaikan terima kasih kepada beberapa Anggota DPRD Soppeng yang hadir di Musrenbangcam ini, juga kepada para utusan SKPD.

"Bagi kami dengan kehadiran Anggota Dewan dan SKPD dapat memberikan petunjuk dan bimbingan terhadap proses penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan Marioriwawo sesuai regulasi dan Standard Operational Procedure (SOP)," harapnya.

Camat Muh. Amin Saing juga menyampaikan terima kasih kepada kades dan lurah yang telah menyelesaikan proses Musrenbangdes/Musrenbakel di desa/kelurahannya masing - masing hingga Musrenbangcam ini dapat digelar sekarang ini. 

Terlihat di Musrenbang itu, sejumlah peserta menyampaikan tanggapan, saran dan pertanyaan, di antaranya, 
Kades Watu Johari menyampaikan perlunya di perjelas Aset Desa yang mana bisa di kerjakan oleh desa. Karena dengan ADD, jangan sampai  sudah mengusulkan, tiba - tiba sudah masuk juga APBD.

Peserta lainnya, A. Yusran menyampaikan juga di Musrenbangcam ini, masyarakat butuh perhatian, mengingat kekurangan air PDAM, dan menyampaikan kiranya yang berwenang  mohon cek ke lokasi Marioriwawo karena ini miliaran anggarabnya dan masyarakat menunggu kelacaran aliran air, tandas tokoh masyarakat Marioriwawo ini.

Anggota DPRD Soppeng, Silfy Widara Ningsih, berharap, melalui musrembang ini ada sinkronisasi mengenai perencanaan kegiatan sehingga ke depannya tidak ada permasalahan.

Kegiatan pembangunan, tandasnya, harus ada skala prioritas, jadi kegiatan yang diusulkan dalam musrembang ini harus berdasarkan pada kebutuhan masyarakat, bukan keinginan, apalagi kepentingan pribadi.

Putri Andi Sillang yang Anggota DPRD Soppeng 2009-2014 ini mengingatkan kepada kades/lurah selaku peserta Musrenbangcam agar melakukan penginputan usulan hasil musrembang untuk menjadi dasar penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) di aplikasi E Planning Des ”ujar Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Soppeng ini.

Legislator cantik ini berharap, semoga dengan Musrenbangcam ini menghasilkan perencanaan pembangunan yang professional, proporsional dan berkualitas demi kesejahteraan masyarakat.

Hadir juga di Musrenbangcam itu, Anggota DPRD Soppeng A. Mahfud (Fraksi Partai NasDem), H. Kusman Aras (Fraksi Partai Golkar). 

Ketiga Anggota Dewan yang hadir ini berharap, dalam musrembang ini, sejumlah usulan dan rencana kerja hendaknya dibahas secara terbuka.

Musrenbangcam tersebut, juga dihadiri A. Sulkifli (Bapalitbanda)
A. Faisal (Dinas Kepedudukan dan Pencatatan Sipil)
Heruddin (Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan), para Kapaolsek Marioriwawo Iptu Agustinus Teko, SH, bersama unsur Forkopincam lainnya.

Sesuai data, tercatat 117 yang bertandatangan di Daftar Hadir.

Terungkap dala musyawarah ini, kalau Musrenbangcam ini
bertujuan untuk menyerap semua Aspirasi Warga Masyarakat Khususnya di Wilayah Kecamatan Marioriwawo, dengan mencakup beberapa prinsip perencanaan pembangunan daerah di antaranya;

Merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional; 

Dilakukan Pemerintah Daerah bersama para pemangku kepentingan berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing;

Mengintegrasikan rencana tata ruang dengan rencana Pembangunan Daerah; dan Dilaksanakan berdasarkan kondisi dan potensi yang dimiliki Daerah, sesuai dinamika perkembangan Daerah. (usman27)

Tidak ada komentar