Breaking News

33 Guru Ikut Tes AKM, MAN 2 Soppeng Fasilitasi Dua Ruang Komputer




Citizen Reporter

Laporan : Yasir Suardi


Soppeng, SuaraPalapa.Com -- Siswa kelas 12 MAN 2 Soppeng mengikuti gladi bersih UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dan ujicoba AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) yang diprogramkan Pusat Penelitian Pendidikan (Puspendik) Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI), Selasa, 25 Februari 2019.

Gladi bersih UNBK ini mulai Senin (24/2/2020) untuk Bahasa Inggris, dilanjutkan pada pada Selasa (25/2/2020) untuk mata pelajaran pilihan selama 60 menit, dan diteruskan dengan ujicoba AKM selama 30 menit. AKM ini disebut-sebut sebagai pengganti ujian nasional pada 2021.


Berbeda tahun sebelumnya, kali ini bukan hanya siswa ujian berbasis komputer, tapi juga semua guru turut mengerjakan soal tes.

Dra. Hj. Hadzirah Kepala MAN 2 menuturkan meski baru uji coba, tapi guru MAN 2 Soppeng wajib ikut tes AKM, dan bukan hanya yang masuk dalam mata pelajaran UNBK, tapi seluruhnya, sebagai bentuk kesiapan UNBK


"Selain untuk siswa, ujicoba assesmen juga diikuti seluruh guru mata pelajaran, pada Rabu (26/2/2020) dengan harapan, setelah mengikuti pengenalan AKM ini, para guru sudah bisa menyesuaikan metode mengajar yang terbaik untuk siswa di masa depan," jelas Kepala Madrasah ini. 

Begitu pentingnya UNBK ini dan diikuti seluruh guru, Wakamad Sarana, Basrah, S.Pd, memastikan kepada Proktor kesiapan unit Komputer ruang laboratorium Komputer dan Laboratorium Bahasa.


"Sampai hari kedua ini pelaksanaan gladi bersih UNBK berjalan lancar, jika ada kendala prasarana sudah kita imbau kepada proktor untuk segera melaporkan, selanjutnya proktor stanby 24 jam di madrasah dan guru sesuai jadwal piket" tegas Basrah,S.Pd., sebelum pelaksanaan. 

Sebelumnya, Guntur Bratama, S.Pd selaku Ketua Proktor melaporkan pelaksanaan sampai hari kedua dan kesiapan pelaksanaan AKM sudah siap lahir batin.

"Peserta UNBK tahun ini 92 siswa jadi kita bagi 2 ruangan, untuk ruang komputer 3 sesi dan ruang laboratorium bahasa dibagi 2 sesi, lanjut untuk tes AKM 33 guru," ungkap Guntur. 

Tidak ada komentar