Breaking News

PIK-R Mandiri MAN 1 Soppeng Dapat Bantuan KIT GENRE



Sopoeng, SuaraPalapa.Com -- Pemerintah Kabupaten Soppeng, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Perlindungan Anak( P3A dan P2KB) memberikan bantuan hibah alat peraga KIT Genre, alat penyuluhan seperti laptop dan LCD kepada beberapa SMA/MA di Kabupaten Soppeng. 

Salah satu penerima hibah itu adalah Organisasi Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Mandiri Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Soppeng.

Bantuan ini diserahkan oleh Kadis P3A dan P2KB Kabupaten Soppeng, Hj. A. Husniati didampingi para penyuluh KB serta beberapa staf dan diterima oleh Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Soppeng Musmuiadi di Kantor MAN 1 Soppeng, Rabu (15/1/2020).

Pemberian bantuan tersebut adalah sebagai upaya pembinaan kelompok PIK-R, guna meningkatkan keterampilan remaja dalam penyampaian informasi tentang kesehatan reproduksi remaja melalui pendidik dan konselor sebaya.

Kadis P3A dan P2KB Kabupaten Soppeng, Hj. A. Husniati mengatakan, bantuan Genre KIT ini bersumber dari APBD Kabupaten Soppeng Tahun Anggaran 2019 dan khusus untuk Kecamatan Lalabata hanya ada 2 sekolah penerima yakni SMA 1 Soppeng dan MAN 1 Soppeng.

“Dengan bantuan ini, kami berharap agar organisasi PIK-R Mandiri MAN 1 Soppeng bisa meningkatkan kemampuannya dan menjadi konselor sebaya bagi remaja di lingkungran sekitarnya, lagi status MAN 1 Soppeng sebagai salah satu Sekolah Ramah Anak tentunya memiliki program yang sangat relevan dengan program instansi yang dipimpinnya," ungkapnya.

Untuk itu kelangsungan GenRe di sekolah, menurut dia, juga perlu mendapat perhatian. Hal ini disebabkan banyaknya Pengurus PIK-R yang tamat namun kemudian tidak ada yang melanjutkan kepengurusannya.


Untuk itu, lanjutnya, diperlukan kaderisasi pengurus dan juga harus melibatkan guru BK atau dosen pembimbing yang dapat mencetak pendidik sebaya atau konselor sebaya berikutnya dan tentunya peran penyuluh KB harus terus digalakkan.

Kepala MAN 1 Soppeng menyampaikan terimakasih yang tak terhingga kepada Pemerintah Daerah melalui Kadis P3A dan P2KB atas bantuan KIT GENRE tersebut yang diberikan kepada MAN 1 Soppeng.

“Kami sangat bersyukur atas perhatian Pemerintah Daerah dengan memberikan bantuan Kit GENRE ini, fasilitas ini sangat membantu dalam mensosialisasikan berbagai informasi penting baik internal MAN 1 Soppeng maupun ketika sosialisasi ke sekolah-sekolah yang lain," kata Ka. MAN 1 Soppeng ini.

“Alhamdulillah, dengan bantuan yang kami terima untuk organisasi PIK-R yang ada di MAN 1 Soppeng ini, saya ucapkan banyak terimakasih kepada pihak pemerintah yang telah mempercayakan PIK-R MAN 1 Soppeng sebagai salah satu penerima bantuan tersebut dari banyaknya organisasi PIK-R yang ada di madrasah maupun sekolah yang ada di Kabupaten Soppeng," kata Musmuliadi lagi.

"Semoga dengan adanya bantuan ini, dapat menunjang program yang dijalankan PIK-R Mandiri MAN 1 Soppeng, amiiin,” harapnya.

Selain itu, Pembina Organisasi PIK-R Mandiri MAN 1 Soppeng, Darahmawati mengatakan, adanya bantuan ini tentu akan memberikan kemudahan bagi pengurus PIK-R Mandiri MAN 1 Soppeng untuk melakukan sosialisasi ke sekolah tingkat SMP/sederajat atau bahkan ke SD.

“Selama ini, kami melakukan sosialisasi secara internal di lingkungan kami dalam rangka menyampaikan informasi pemerintah dan juga ke beberapa sekolah yang lain, dan salah satu kendala kami adalah KIT dan perangkat multimedianya, laptop dan LCD, sehingga sosialisasi yang kami lakukan terkadang kurang maksimal, namun sekarang dengan adanya bantuan yang diberikan oleh Kadis, pengurus akan dengan mudah untuk menjalankan sosialisasi ke tiap-tiap sekolah mengenai kesehatan reproduksi remaja,” katanya. (usa)


Tidak ada komentar