Breaking News

Rektor Unismuh Makassar Narasumber Seminar Nasional Pendidikan di Tator



Tana Toraja, SuaraPalapa.Com -- Rektor Unismuh Makasaar, Prof. Dr. H. Abdul Rahman Rahim, SE MM, salah seorang narasumber pada seminar nasional dilaksanakan Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah (LP2M) Wilayah Sulsel, di Gedung SKB Jl. Bunturongko No. 126 Getengan Makale Kekurahan Rante Kalua Keamatan Mengkendek, Kabuoaten Tana Toraja, Sabtu, 21 Desember 2019.

Seminar nasional ini mengusung tema, Penguatan Karakter Generasi Milineal di Era Revolusi Industri 4.0.

Narasumber lainnya, Dr. H. Masykuri, M.Ed sehari-hari adalah Sekretaris  BAN S/M dan Ketua LP2 PP Muhammadiyah. Saharuddin Iskandar, S.Pd, M.Pd (Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X) dengan moderator, Dr. Ferdinand, M.Pd (Wakil Dekan III FAI Unismuh Makassar).

Prof. A. Rahman pada pemaparan materinya ditegaskan, ironis pada kondisi kekinian di tengah alumni pada semua level tidak mampu  terserap pada lapangan kerja,  tetapi pada sisi lain banyak tenaga dari luar yang masuk mencari kerja.

Tantangan para pengelola pendidikan termasuk pada dunia pesantren, kemampuan lembaga pendidikan untuk menghasilkan alumni sesuai kebutuhan kerja.

Tantangan kedua, pendidikan harus disertai dengan akhlakulkarimah, karakter, moral dan etika.

Ketiga yang jadi tantangan adalah kemampuan interpreneurship bagi para alumni sebagai simbol kemandian seseorang luaran pendidikan.

Bagi lembaga pendidikan harus memiliki daya tarik semacam magnet yang menarik dan memanggil orang datang ikut dalam proses pembelajaran.

Selain itu dupppa mata (kesan pertama) ini bagi institusi sangat perlu diperhatikan dan menjadi faktor yang sangat menentukan.

Seminar ini dihadiri seratusan peserta pengelola pondok pesantren Muhammadiyah se-Sulawesi Selatan. Wakil Rektor IV Unismuh Makassar, Ir. H. Saleh Molla, MM, Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sulsel, Drs. H. Mawardi Paewangi, M.Pd.

Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Tator  serta Ortom Muhammadiyah. Ketua dan Sekretaris Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah (LP2M) Wilayah Sulsel, H.Lukman Abd Shamad, LC, dan Dr. M. Ali Akbar, M.Pd.(yahya)


Tidak ada komentar