Breaking News

Puskesmas Matakali Periksa Kesehatan Murid SDN 021 Bungabunga




POLMAN, SUARA PALAPA -- Salah satu program kerja Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Matakali adalah Penjaringan Kesehatan Sekolah.

Program Penjaringan Kesehatan Sekolah ini merupakan agenda rutin tahunan. Penjaringan kesehatan anak sekolah merupakan salah satu upaya peningkatan Kesehatan dalam bentuk promotif dan prefentif.

Bertujuan meningkatkan derajat kesehatan anak sekolah secara optimal, karena di dalam penjaringan akan bisa terdeteksi secara dini kesehatan anak sekolah dan akan tersedianya data / informasi tentang kesehatan anak sekolah yang dapat digunakan sebagai dasar penyusunan program pembinaan kesehatan sekolah.

Di dalam penjaringan kesehatan anak sekolah ini petugas dari Puskesmas antara lain Petugas Promkes, Perawat, Petugas Gizi, Petugas Kesling, Dokter Gigi / Perawat Gigi. Murid sekolah yang menjadi sasaran penjaringan kesehatan anak sekolah dengan jenis pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan kesehatan dasar, seperti; Tinggi Badan, Berat Badan, Gigi, Mata, Telinga, Mulut dan Kuku.

Sebagai implementasi atas Program Kerja tersebut, Puskesmas Matakali Kecamatan Matakali Kabupaten Polman Prov Sulbar melakukan penjaringan kesehatan terhadap murid SD dan sejumlah sekolah lainnya dalam wilayah Kecamatan Matakali. 

Hal itu terungkap dari Kepala Puskesmas Matakali, H. Ahmad, saat mengunjungi SDN 021 Bungabunga, salah satu sekolah yang dikunjungi pihak Puskesmas Matakali, Sabtu, 24 Agustus 2019.


Kepala SDN 021 Bungabunga, Hj. St. Nurmi terlihat sangat senang adanya penjaringan kesehatan dari Puskesmas Matakali untuk murid baru agar orang tua murid mengatahui kesehatan anaknya masing masing.

Pihak Kepala Sekolah, mengkoordinir murid-murid dalam kegiatan itu di sekolahnya. 

Koordinator Kegiatan dari Puskesmas Matakali Hidayah, Kepada Reporter SUARA PALAPA, Rudi, Sabtu, 24 Agustus 2019 mengatakan, petugas kesehatan yang datang ini memeriksa kesehatan murid, adalah gigi, berat badan tekanan darahnya.

"Murid sekolah harus diketahui penyakit yang dideritanya agar kami mudah menanganinya," ujar Hidayah.

Dikatakan, setiap sekolah di Kecamatan Matakali pihaknya akan mendatangi untuk  melakukan pemeriksaan kesehatan bagi murid sekolah.

"Hal seperti inilah kami tunggu untuk mengetahui penyakit yang diderita anak kami ujar salah satu  orang tua murid, Narti yang juga turut menyaksikan kegiatan itu. (rudi/usa)

Tidak ada komentar