Breaking News

Mahasiswa KKN Unasman Gelar Penyuluhan Pemanfaatan Medsos



POLMAN, SUARA PALAPA -- Salah satu program kerja mahasiswa KKN ke-32 tahun 2019 Unasman, yakni penyuluhan pemanfaatan medsos di kalangan remaja.

Penyuluhan ini dilaksanakan pada tiga desa di Polman, yakni; Desa Mombi Kec. Alu (26/8/2019), Desa Palece Kec. Limboro (27/8/2019), dan Desa Luyo Kec. Luyo (28/8/2019).

Kegiatan ini menyasar siswa SMA dan SMP sebagai  salah satu program integrasi berbasis prodi yang dikembangkan Unasman. 

Bertujuan pencegahan dan membangun kesadaran di tengah masyarakat atas dampak  negatif dari penggunaan medsos, serta mengembangkan dampak positif.

Muhammad Syaeba, SS., MM., Kaprodi Ilmu Komunikasi FISIP Unasman, memberi penyuluhan di SMAN 1 Alu Desa Mombi. 

Syaeba menekankan pentingnya bersikap bijak bagi remaja dalam penggunaan medsos, terutama dalam hal menyikapi maraknya cyber bulling, berita hoaks, dan ujaran kebencian.

Bahkan, dari tulisan dan gambar sederhana yang diuplod, bila lalai sedikit saja, bisa terjebak dalam persoalan hukum.

Di Desa Palece Kec. Limboro Polman, Hamdan, S.Ag., M.Ag., Dosen Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Unasman, memberi penyuluhan kepada siswa SMK 1 Limboro.

Hadir dalam penyuluhan tersebut, sejumlah guru, mahasiswa KKN, para siswa dari kelas XI dan XII sebagai peserta, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum mewakili Kepala Sekolah SMK Limboro, Hamzah, S.Pd., serta dosen Unasman sebagai narasumber, Hamdan, S.Ag., M.Ag.

Hamzah, S.Pd mengatakan kegiatan dengan tema seperti ini penting, karena sangat jarang dilakukan. Materinya juga tidak ada dalam pelajaran sekolah. 

Hamdan mengemukakan, medsos ibarat pisau bedah. “Ia membantu menemukan isi bagian terdalam secara detil. Tapi dengan cara membuat luka menganga”. 

Hamdan menekankan “luka” fatal yang terkait dengan fisik, mental, dan prilaku sosial, serta ekonomi keluarga. Baik dan buruknya medsos, ditentukan oleh diri kita masing-masing, katanya. (ma'ruf)

Tidak ada komentar