Breaking News

Ciptakan Kampus REU, Ini Dilakukan UNES-AAI





PADANG, SUARA PALAPA -- Mendorong Universitas Ekasakti - Akademi Administrasi Indonesia (UNES-AAI) Padang menjadi kampus Research dan Entrepreneurship Universty (REU), Rektor UNES-AAI Padang, Dr Otong Rosadi mengatakan, langkah mewujudkannya adalah salah satunya dengan adanya mata kuliah wajib kewirausahaan di setiap fakultas kampus UNES-AAI Padang.

"Tahun ini UNES-AAI Padang juga melepas 1482 mahasiswa KKN PPM yang tersebar 7 kab/kota di 42 nagari di Sumatera Barat (Sumbar) yang memiliki semangat yang sama mendorong semangat entrepreneur tidak hanya di lingkungan kampus bahkan juga hadir di tengah masyarakat dalam bentuk pengabdian KKN PPM mahasiswa," ujar Dr. Otong, Selasa, (30/7/2019) di kampusnya.

Menurutnya, pengabdian yang dilakukan 1482 mahasiswa KKN di nagari tersebut, UNES-AAI Padang menggandeng lembaga perbankan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat. 

"Kita ajak perbankan hadirkan mesin kemasan produk, supaya melancarkan produktivitas ekonomi rakyat terutama UKM dan usaha mikro," ujarnya.

4 daerah percontohan, di antaranya: Nagari Salimpeh Kenagarian Lembah Gumanti Solok satu kelompok, Sungai Nanap Solok dua kelompok dan di Nagari Labuah Tanah Datar.

Selain itu, keberadaan mahasiswa untuk membangun semangat entrepreneurship yang berbasis digital dan inovasi di kalangan masyatakat.

Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Padang (YPTP), Henry Mappesona mengatakan, UNES ingin merubah mindset masyarakat dengan pemberdayaaan ekonomi kerakyatan berbasis teknologi. 

"Para mahasiswa dibekali kemampuan entreprenuer yang sasarannya pemberdayaan ekonomi produktif," katanya.

Upaya menunjang kampus UNES-AAI menjadi kampus research dan entrepneurship, lanjutnya, Desember ini UNES-AAI akan menurunkan mahasiswa terbaik dari sejumlah fakultas untuk pertukaran mahasiswa dengan UKM Malaysia. (ibnu sultan)

Tidak ada komentar