Breaking News

180 Mahasiswa UNES Padang KKN PPM di Tanah Datar



BATUSANGKAR, SUARA PALAPA -- Bupati Tanah Datar diwakili Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDPPKB), Nofenril menerima sebanyak 330 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM), Selasa (30/7) di Aula Kantor Bupati Tanah Datar di Batusangkar.

330 Mahasiswa tersebut terbagi 180 Mahasiswa dari Universitas Ekasakti (UNES) Padang dan 150 Mahasiswa dari
Universitas Muhammadyah Sumatera Barat (UMSB).


Seluruh mahasiswa tersebut akan mengaplikasikan ilmu yang didapat selama perkuliahan di tengah-tengah masyarakat berbagai nagari di Tanah Datar selama 40 hari untuk Mahasiswa UNES dan 35 hari bagi UMSB.

Program KKN-PPM merupakan program wajib mahasiswa sebagai bentuk wujud nyata pengabdian masyarakat yang apabila dikerjakan secara maksimal berdampak bagi kesejahteraan masyarakat di lokasi KKN-PPM itu sendiri. Bagaimana tidak, perencanaan, pemikiran, tenaga dan ilmu berguna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Seterusnya mahasiswa peserta KKN-PPM pun dapat menambah pengalamannya karena berhubungan langsung dengan persoalan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dan menyelesaikannya secara komunikatif dengan berbagai pihak. “Pelajari budaya masyarakat agar hubungan silaturahmi terjalin dengan baik, taati peraturan nagari, jaga prilaku sopan santun serta koordinasikan semua program kerja bersama perangkat pemerintah nagari, kecamatan ataupun kabupaten sehingga program kerja berjalan dengan baik,” ujar Kadis Nofenril.


Nofenril mengharapkan mahasiswa KKN-PPM baik UNES maupun UMSB dapat menumbuhkan kembangkan kegiatan keagamaan serta budaya sesuai dengan tujuan pemerintah daerah yaitu menciptakan Kabupaten Tahfizh sesuai dengan visi terwujudnya Kabupaten Tanah Datar yang madani, berbudaya dan sejahtera dalam nilai-nilai Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

Selanjutnya, Wakil Rektor I Dr. Agus Salim mengatakan, UNES menempatkan mahasiswa KKN-PPM di 4 Nagari di Kabupaten Tanah Datar yaitu Kecamatan Batipuh 45 orang, Kecamatan Lima Kaum 45 orang, Kecamatan X Koto sebanyak 90 orang.

"Terima kasih telah menerima kami dengan baik, kami berharap pemerintah daerah dapat memantau setiap program kerja dan mengarahkan mahasiswa kami agar selalu bersinergi dan dapat memberikan dampak positif khususnya kemajuan daerah tempat dilaksanakannya KKN-PPM ini," harap Wakil Rektor I UNES Padang ini. (ibnu sultan)



Tidak ada komentar