Breaking News

ICGE di Padang Panjang Berkonsep Konferensi dan 'Edutourism




PARIT MALINTANG, SUARA PALAPA -- International Conference on Global Education (ICGE) yang akan dilaksanakan di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, pada 1 - 2 Juli 2019 menerapkan konsep konferensi dan wisata edukasi bagi pesertanya.

ICGE merupakan program tahunan pertemuan akademisi dan komunitas ilmiah yang dilaksanakan oleh Universitas Ekasakti (UNES) Padang bekerja sama dengan University Kebangsaan Malaysia (UKM) yang secara bergiliran dilaksanakan di Indonesia dan Malaysia.

Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Padang (YPTP) Henry Mappesona di Padang Panjang, Rabu, 26 Juni 2019 mengatakan, ICGE pada 2019 merupakan penyelenggaraan yang ke-7 kalinya dan dilaksanakan di Padang Panjang, dipusatkan di kampus Institut Seni Indonesia (ISI) setempat.

Kegiatan tersebut mengangkat tema Humanising Technology for IR 4.0. Sesuai tema itu dalam pelaksanaan kegiatan berkonsep konferensi akan membahas peran budaya yang menjadi faktor penting dalam memanusiakan teknologi.

Selanjutnya dalam konsep edutourism, peserta diajak mengenali budaya yang berkembang di Padang Panjang lewat wisata budaya.

Konferensi dilaksanakan pada 1 dan 2 Juli 2019 kemudian dilanjutkan wisata di dalam kota Padang Panjang pada 3 Juli 2019.

Rektor UNES Dr. Otong Rosadi, SH., M.Hum menambahkan ICGE VII dihadiri oleh peserta dalam dan luar negeri seperti dari Malaysia, Amerika Serikat dan Palestina berjumlah sekitar 350 peserta.

Lima pembicara dalam acara tersebut yaitu Kepala LLDIKTI Wilayah X, Dekan Fakulti Pendidikan Universiti Kebangsaan Malaysia, akademisi dari University of Wisconsin Milwaukee, akademisi dari Al Azhar University Gaza Palestina dan Rektor Universitas Sanata Sharma.

Usai konferensi dilaksanakan, ujarnya akan menghasilkan sejumlah resolusi yang dapat dicoba diterapkan oleh pemerintah daerah dan kampus dalam memajukan pendidikan.

"Dari beberapa kali pertemuan dengan Pemkot Padang Panjang ditahap persiapan kegiatan, ada harapan yang akan digaungkan adalah bagaimana melekatkan pendidikan, budaya dan pariwisata serta semangat pendidikan sepanjang hayat," jelasnya.

Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran mengatakan, pemerintah setempat menyambut baik kegiatan tersebut dilaksanakan di Padang Panjang karena menjadi kesempatan mengenalkan daerah itu pada peserta dari luar negeri.

Tema yang diangkat menurutnya juga sejalan dengan daerah itu sebagai kota pendidikan dan telah mendapat penghargaan sebagai Kota Pintar (Smart City).

"Kami harap para guru dan siswa di Padang Panjang bisa mengikuti ICGE karena akan banyak ilmu yang dibagi oleh para akademisi yang hadir selama kegiatan," ujarnya. (ibnu sultan)



Tidak ada komentar