Breaking News

DPKP Soppeng Latih KWT Buat Pie Singkong



SOPPENG, SUARA PALAPA -- Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Soppeng melaksanakan pelatihan membuat umbi-umbian dengan kue Singkong (membilas Pesing) di Coppo Bukkang Kelurahan Bila Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng,  Kamis 27 Juni 2019.

Kasi Penganekaragaman dan Konsumsi Pangan Bidang Penganekaragaman, Konsumsi dan Keamanan pangan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Soppeng, A. Risman, S.Pi, pada kesempatan itu menjelaskan, pelatihan ini melibatkan beberapa Kelompok Wanita Tani (KWT), di antaranya; Kelompok Wanita Tani Massumpuloloe dan KWT Mentari.

Ketua KWT Massumpulolloe, Hamriani, menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan ini yang sangat membantu kelompoknya untuk mengembangkan usaha yang  bernilai ekonomis apalagi bahan yang dipakai adalah produk lokal seperti ubi kayu.


Salah satu praktisi, Rasdiah, mengungkapkan, pembuatan kue ini sangat praktis, ekonomis tapi mempunyai nilai jual yang lumayan. 

A. Risman mengatakan, salah satu tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah bagaimana cara mengolah pangan lokal yang bermutu dan berkualitas, seperti, singkong ubi kayu. 

Dikatakan, selama ini ubi kayu selalu dibuat ubi goreng atau masakan sup.

Selain itu, lanjut A. Risman, produk ini rendah glikemik dibandingkan tepung terigu dan beras, sehingga lebih sehat dikonsumsi oleh masyarakat umum khususnya penderita Diabetes. 


Terkait kemudahan membuat bahan ini, A. Risman menjelaskan, kalau kue ini sangat mudah, cukup kupas singkong, iris-iris tipis, lalu direndam kurang lebih 8 jam dengan air bersih,  ditiriskan lalu dijemur diubah menjadi tepung lalu siap diolah menjadi kue. 

Bahkan kue ini, katanya, pihaknya merencanakan akan memasarkan bulan juli ini, karena kemasan jenis kue tersebut  juga sudah tersedia. 

Menurutnya, kue ini bisa bertahan satu bulan setelah produksi sehingga nilai ekonomisnya juga tinggi. 

Berbagai variasi bisa dibuat seperti, pie rasa abon ikan, pie kacang, pie rasa coklat krispie. Sekitar 20 ibu rumah tangga ikut dalam kegiatan ini. (rilis/amiruddin baringeng)

Tidak ada komentar