Breaking News

Musrenbang Desa Patampanua, Kades Berharap Semua Usulan Terakomodir




SUARA PALAPA, SOPPENG; Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbang) Desa Patamoanua Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng digelar di Ruang Pertemuan Kantor Desa setempat di Medde, Selasa, 12 Maret 2019.

Musrenbang ini dipimpin Kepala Desa (Kades) Patampanua, Amiruddin, S.Ag, didampingi Sekretaris Desa (Sekdes)  Rusdianto Sudirman, S.H., M.H.

Kegiatan tersebut hadiri pejabat instansi berkompeten tingkat Kabupaten Soppeng perwakilan OPD antara lain, Bappelitbangda, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Sosial, Dinas Kehutanan, Dinas Pariwisata dan BPBD.


Serta dari Pemerintah  Kecamatan Marioriawa, para Anggota BPD, Perangkat Desa Patampanua, staf Kantor Desa, para tokoh masyarakat setempat.

Musrenbang ini dalam rangka pembahasan RPJMDes 2018- 2024 yang merupakan kewajiban bagi setiap desa yang baru saja dilantik kades pada bulan Desember 2018 sesuai amanat Permendagri No.114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.

Kepala Desa Patampanua, Amiruddin, S.Ag dalam penjelasannya, bahwa Dalam RPJMDes Patampanua ini telah di susun oleh Tim penyusun dengan berpedoman pada Visi Misi Kepala Desa terpilih dan telah melakukan beberapa tahapan mulai dari pengkajian keadaan desa dalam bentuk musyawarah dusun, kemudian penyelerasan program pemerintah kabupaten yang masuk ke desa, sampai pada tahap musyawarah penyusunan, dan musrenbang yang dilaksankan pada hari ini.


Dipaparkan, bahwa Pemerintah Desa Patampanua dalamelaksanakan Pembangunan di desa ini mengacu pada visi dan misi yang telah ditetapkan, yakni;   PATAMPANUA INOVATIF DAN RELIGIUS PADA TAHUN 2024," paparnya.

Sedangkan dalam menindaklamjuti Visi tersebut, lanjut Amiruddin, dilakukan berdasarkan Visi, yakni
1. Akselerasi pembangunan berbasis kepemudaan,  2. Terwujudnya produk unggulan desa, 3. Pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender dan 4.
Pengembangan kewirausahaan dan kepariwisataan.

Kades Amiruddin berharap semua usulan masyarakat dapat terakomodir dalam RPJMDes agar tidak membulkakan persoalan jika nantinya ada audit perencanaan.

Usai Musrenbang, kepada breakingsulsel.co.id, Kades Amiruddin mengatakan, Jika memperhatikan usulan yang ada, mayoritas usulan didominasi pada sektor Pertanian dan Pengembangan Potensi Pariwisata Desa. Dan tentu dalam penjabarannya, nantinya akan lebih dirincikan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), jelasnya.

Tampak dalam Musrenbang ini telah berjalan dengan penuh dinamika. Meski sesekali agak menegangkan karena perbedaan persepsi. Tetapi semua perbedaan itu menjadi cair setelah dimusyawarahkan secara bersama dengan penuh kebersamaan yang menganut prinsip muatan lokal, Sipakatau, Sipakaraja, Sipakainge dan Sipammase-mase, kata Sekdes Rusdianto sesaat usai Musrenbang Desa Patampanua itu digelar, Selasa, 12 Maret 2018. (usa)


Tidak ada komentar