Breaking News

Bupati Soppeng : Polisi Pantau PKH Agar Tepat Sasaran



SUARA PALAPA, SOPPENG; -- Setelah Kecamatan Ganra, kini Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE menghadiri sosialisasi dan penyerahan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di halaman Kantor Camat Liliriaja di Cangadi, Jum'at, 15 Maret 2019.

Dalam laporannya, Plt. Camat Liliriaja A. Syakhrul, S.Ip menyampaikan, sosialisasi juklak dan regulasi lainnya tentang Program Keluarga Harapan (PKH).

Dilaporkan,  2019 ini  Kecamatan Liliriaja menyalurkan bantuan PKH kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM senilai Rp 1.206.450.000,- (Satu Milyar Dua Ratus Enam Rubu Empat Ratus Lima Puluh  Ribu Rupiah) dari total kabupaten senilai Rp
8.607.200.000,-.

Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya  mengatakan, keberadaan polisi pada Program Bantuan Sosial (Bansos) ini untukn ikut campur tangan karena pemerintah berharap agar bantuan ini sampai dengan tepat sasaran.

Selain PKH, beberapa program bantuan lainnya, salah satunya, program tambahan pangan yang direncanakan akan disalurkan ke depannya.

Bupati berharap agar bantuan ini digunakan sesuai keperluan, karena banyaknya pihak yang ingin memanfaatkan bantuan-bantuan yang pemerintah berikan untuk kepentingan pribadi.

Disampaikan pula tujuan dan maksud, bantuan tersebut, adalah untuk meningkatkan taraf hidup Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui akses layanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial, mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga.

Dikatakan, PKH di Kab. Soppeng dimulai sejak tahun 2013 dengan jumlah penerima sebanyak 1.225 KPM,
meliputi 6(enam) kecamatan, yaitu, Lalabata, Lilirilau, Liliriaja, Donri-Donri, Marioriwawo, dan Marioriawa dengan Dana sebesar Rp.774.125.000,-

Pada tahun 2016, sampai sekarang tahun 2019, lanjut A. Kaswadi, jumlah dana yang diterima KPM setiap tahapan meningkat menjadi sebesar Rp 8.607.200.000,-
Dengan jumlah KPM meningkat menjadi 6.767 dan SDM PKH yang bertugas bertambah msnjadi sebanyak 31 orang.

Disampaikan pula kreteria penerima PKH, yakni; ibu hamil, anak berusia 0-6 tahun, anak SD/SMP/SMA, lanjut usia dan penyandang disabilitas berat yang ditetapkan dengan Keputusan Direktur Jaminan Sosial Keluarga Kementrian Sosial RI.

Bantuan Sosial PKH ini untuk meringankan beban masyarakat penerima manfaat dengan harapan bahwa PKH ini diperuntukkan kebutuhan pendidikan, pemenuhan Gizi Ibu Hamil dan Balita.

Turut hadir Sekda Kabupaten Soppeng, Forkopimda Liliriaja, Kadis Kesehatan Kadis Sosial, Kabag Humas dan ribuan masyarakat. (amiruddin baringeng)


Tidak ada komentar