Breaking News

26 Dosen Pertanian UNES Diberikan Workshop Dikti Berbasis KKNI

Peserta Workshop Kurikulum Perguruan Tinggi berbasis KKNI
diabadikan bersama Narasumber. (foto: dokumentasi kampus)


SUARA PALAPA, PADANG; -- Sebanyak 26 Dosen Fakultas Pertanian Universitas Ekasakti (UNES) Padang diberikan Workshop Kurikulum Pendidikan Tinggi (Dikti) Berbasis Kerangka Kualiifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Rabu (13/3) di ruang sidang Fakultas Pertanian tersebut dengan menghadirkan 3 Narasumber, Prof. Dr. Ir. Irfan Suliasyah, M.S, Dr. Zednita Azriani, SP, MS dan Prof. Dr, Ir. Fauzan Azima, M.S.

Workshop itu dibuka oleh Rektor UNES Padang diwakili Wakil Rektor I Dr. H. Agussalim, M.S.

Dekan Fakultas Pertanian Unes Dr. Ir. I Ketut Budaraga , M.Si pada kesempatan itu dalam  sambutannya menyebutkan, diselenggakanya KKNI ini karena menjamurnya Perguruan Tinggi di Indonesia dengan standar lulusan yang bervariasi , penamaan program studi yang tidak tertata serta tantangan global yang dilihat sebagai kesempatan Indonesia untuk lebih mengembangkan kualifikasi pendidikan menuju level yang lebih baik.

Selain itu kata I Ketut Budaraga KKNI juga merupakan penjenjangan capaian pembelajaran atau kompetensi lulusan yang menyetarakan pengakuan luaran bidang pendidikan formal, informal atau pengalaman kerja dalam rangka pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.

Dengan berlakunya KKNI, maka dunia kerja nantinya akan membutuhkan lulusan perguruan tinggi yang mempunyai keahlian yang standar. Tidak ada lagi pemikiran bahwa lulusan dari Perguruan Tinggi yang satu lebih unggul dari pada Perguruan Tinggi lain dari sisi kompetensi.

Kualifikasi lulusan satu Perguruan Tinggi nantinya akan dicocokan dengan kualifikasi yang telah distandarkan. Ijazah dan transkrip akan dilengkapi dengan Ijazah suplemen yang menunjukkan kompetensi lulusan tersebut.

Satu hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan kurikuilum, kata I Ketut Budaraga, yaitu, munculnya mata kuliah wajib universitas, wajib Fakultas dan relevan dengan visi dan misi fakultas serta visi misi program  studi.

Rektor UNES Padang diwakili Wakil Rektor I Dr. H. Agussalim, M.S. dalam sambutanya menyebutkan, KKNI merupakan kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.

Selain itu mewujudkan mutu dan jati diri Bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan dan pelatihan yang dimiliki Indonesia.

Dikatakan, Kurikulum Program Studi (Prodi) di Perguruan Tinggi, juga harus mampu menjawab tantangan regional dan internasional agar para lulusan yang dihasilkan memiliki kompetensi memadai untuk bersaing di masa mendatang.

Salah satu kompetensi yang juga penting dan mengakar adalah, sikap dan karakter seseorang.  Sikap dan karekter dua sisi abstrak yang ternyata akan sangat mempengaruhi kesuksesan lulusan dalam berkompetisi di bursa kerja Nasional dan Internasional.

Ada 10 yang harus diketahui oleh tenaga pendidik, di antaranya; dosen sebagai Manajer, Leader, Motivator, Planner, Organisator, Koordinator, Designer, Direktur, Conseller. Kreatif dan Inovatif, sehingga mampu merubah arah kiblat pendidikan ke arah yang lebih baik.

Satu hal yang terpenting dalam Lokakarya ini bahwa nantinya kepada mahaiswa lulusan perguruan tinggi akan diberikan sebuah Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang berisi tentang informasi kualifikasi akademik dari mahasiswa dalam bentuk naratif deskriptif.

Kepada tenaga pendidik diharapkan agar mengikuti workshop ini dengan baik, semoga menjadi tonggak awal untuk menghasilkan rumusan kurikulum yang lebih baik, relevan serta lebih efektif dan efesien dalam pelaksanaan, kata Agussalim.


Dari ruang sidang Fakultas UNES Padang, Jl. Veteran Dalam No.26 B, Padang Pasir, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu, 13/3/2019, demikian, Ka. Humas UNES Padang, H. Syarifuddin, SE, M.Hum, memberitakan. (ibnu sultan)

Tidak ada komentar