Breaking News

Prof. Rahman Rahim : Sepuluh Prodi di Unismuh Makassar Berpotensi Akreditasi A



SUARA PALAPA, MAKASSAR; -- Sebagai bentuk komitmen perguruan tinggi terhadap standar mutu dan kapasitas terhadap penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat dilihat dari akreditasi institusi maupun program studi yang dibina.

Terkait dengan akreditasi, Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Prof. Dr. H. Abdul Rahman Rahim, SE, MM, menyebutkan, Unismuh saat ini terus berusaha secara maksimal  untuk mendorong peningkatan akreditasi  seluruh prodi yang dibina.

Dikatakan, Unismuh sekarang ini telah membina 42 Program Studi (Prodi) dari 7 fakultas serta pascasarjana. 4 yang terakreditasi A dari 42 Prodi.

4 Prodi yang terakreditasi A itu, yakni dua prodi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), yakni Prodi Administrasi Negara dan Prodi Ilmu Pemerintahan, 1 prodi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), yakni Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta 1 prodi di Fakultas Agama Islam, yakni Prodi Pendidikan Agama Islam.

Terkait dengan akreditasi prodi, dari 42 program studi, ada lagi 10-an prodi yang saat ini sudah terakreditasi B berpotensi untuk didorong akreditasinya menjadi A dan sekarang ini sebagian sudah berproses, kata rektor.

Menurut Prof. Rahman Rahim, Prodi yang berpotensi untuk didorong akreditasinya menjadi A, adalah Prodi Manajemen dan Studi Pembangunan (FEB), Kedokteran, Hukum Ekonomi Syariah (FAI), Agribisnis (Pertanian), Teknik Sipil (Teknik), Prodi Bahasa Inggris, PGSD, dan Matematika (FKIP) dan di Pascasarjana adalah  Magister Manajemen, Magister Ilmu Administrasi Publik, serta Magister Pendidikan Bahasa Indonesia.

Selain itu, Unismuh juga telah berkomitmen untuk pengembangan sumber daya dosen untuk kegiatan-kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Untuk kegiatan penelitian dan pengabdian, pihak universitas juga menyiapkan dana stimulus setiap tahun anggaran.

Dikatakan Prof. Rahman, tahun ini sekitar 150 judul penelitian khusus bagi dosen muda yang dibiayai oleh universitas. Dan bagi  dosen senior diharapkan dapat berkompetisi untuk mendapatkan dana hibah dari Kemenristekdikti RI.

Bagi rektor ini suatu kesyukuran, bahwa saat ini tidak hanya dosen yang berlomba-lomba untuk meningkatkan  kapasitasnya tetapi juga mahasiswa. Dan terbukti prestasi mahasiswa Unismuh saat ini Unismuh versi Kemenristekdikti RI telah berada diperingkat ke 79 perguruan tinggi di Indonesia. (nasrullah)


Tidak ada komentar