Breaking News

Prodi S2 MIAP PPs- Unismuh Makassar Kerjasama Desa Binaan di Galesong Takalar



SUARA PALAPA, MAKASSAR; -- Program Studi S2 Magister Ilmu Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah (Prodi MIAP Unismuh) Makassar melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kantor Desa Bontoloe Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar, Rabu (20/02).

Kegiatan yang mengusung tema “Bontoloe Menuju Desa Ramah Lingkungan” dirangkaikan dengan sosialisasi dan penandatanganan kerjasama Program Desa Binaan antara Pemerintah Desa Bontoloe dengan Prodi MIAP Unismuh Makassar.

Ketua Prodi MIAP Unismuh Makassar, Dr. Hj. Fatmawati, M.Si. dalam sambutannya memaparkan, ada tiga program desa binaan yang akan dilakukan, yaitu penataan kelembagaan, penataan lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat desa.

"Kegiatan yang akan dilakukan dalam penataan kelembagaan desa, di antaranya; diklat SDM aparatur pemerintah desa, penyusunan peraturan dan SOP desa, dan bimtek pengelolaan serta pengembangan Bumdes," katanya.

Kegiatan yang akan dilakukan dalam penataan lingkungan desa di antaranya; pengolahan sampah dengan konsep 3R, penghijauan, peningkatan kebersihan dan keindahan lingkungan, pemanfaatan pekarangan rumah warga serta pembuatan kompos organik.

Sementara pada aspek pemberdayaan masyarakat desa, lanjutnya, diantaranya, kegiatan kewirausahaan berbasis potensi desa dan pembangunan desa wisata ramah lingkungan, katanya.

Camat Galesong selaku Penjabat Kepala Desa Bontoloe, Dr. Syahriar, M.AP. pada kesempatan itu mengunkapkan rasa syukur dan mendukung penuh Program Desa Binaan Ramah Lingkungan ini.

"Saya sangat optimis, melalui kerjasama dan pendampingan ini dapat merubah lingkungan Desa Bontoloe menjadi lebih bersih dan sehat serta kesejahteraan masyarakatnya dapat semakin meningkat," harapnya.

Diharapkan pula, agar program pengolahan sampah dan pembangunan bank sampah yang direncanakan dapat segera direalisasikan.

Turut hadir mendampingi Ketua Prodi MIAP Unismuh Makassar, Dr. Hj. Fatmawati, M.Si., Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unismuh Makassar, Dr. Hj. Ihyani Malik, S.Sos., M.Si.

Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan Dr. Nuryanti Mustari, S.Ip., M.Si. dan Dosen Dr. Hafiz Elfiansya Parawu, S.T., M.Si., bersama staf PPs Unismuh Makassar. (hafiz/yahya)


Tidak ada komentar