Breaking News

Pemkot Ambon Diminta Benahi Jalan Depan Kantor Pertanahan dan Agraria



Pemuda Depag Ambon, benahi jalan dalam kegiatan yang diberi nama "Benah Kampung" sejak 11 Pebruari ini. (foto : sudirman sehe)

Reporter : Sudirman Sehe

SUARA  PALAPA, AMBON; -- Bahu jalan yang terletak di depan Kantor Pertanahan dan Agraria Kota Ambon, belakangan ini mengalami kerusakan yang cukup parah.

Bahkan aliran air yang menggerus bangunan drainase, sehingga drainase ini tidak dapat berfungsi maksimal. Kerusakan drainase ini mengakibatkan aliran air mengalami penyumbatan.

Kondisi ini dirasakan oleh pengguna jalan yang setiap hari melewati jalan itu.

Melihat dan merasakan kondisi kerusakan bahu jalan ini, warga setempat tergerak hati membenahinya agar bahu jalan dengan drainase yang ada dapat berfungsi dengan baik, minimal tak bertambah kerusakannya, pengguna jalanpun dapat melewatinya dengan baik pula tanpa hambatan.

Warga setempat yang peduli membenahi bahu jalan dan drainase itu adalah para pemuda yang tergabung dalam Pemuda Depag. Pemuda Depag (Depag, adalah singkatan dari kata, Depan Kantor Pertanahan dan Agraria), ini merupakan salah satu  Civil Society sebagai wadah pembinaan generasi muda di lungkungan tersebut di Kota Ambon.

Organisasi pemuda yang bersifat lokal ini beralamat di RT 02 dan 03 /RW 06  Negeri Hativekecil, Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

Kegiatan ini mereka beri nama, BENAH KAMPUNG, berupa perbaikan bahu jalan dan drainase jalan dan menutup lubang-lubang jalanan sekitar 10 titik kerusakan.

Di sela kegiatan di lokasi itu, Jum'at, 22 Pebruari 2019, Kepada Reporter www.suarapalapa.com di Ambon, Sudirman Sehe, Ketua Pemuda Depag, Juliandri Polununu, mengatakan, Pelaksanaan Benah Kampung berupa perbaikan Drainase dan penutupan lubang bahu jalan karena gerusan air, dilaksanakan di minggu ketiga bulan Pebruari 2019, tepatnya dimulai pada 11 Pebruari 2019 sampai akhir bulan pebruari ini.

"Karena tidak dikerjakan tiap hari, mudah-mudahan bisa cepat diselesaikan," harapnya.

Dikatakan, biaya yang digunakan untuk membeli Material, adalah sumbangan dari warga dari RT 02 dan 03 RW 06 Negeri Hative Kecil, serta sumbangan para pengendara yang kebetulan lewat di Jl. Gn. Malintang, Batu Merah, Sirimau, Kota Ambon, pada saat pelaksanaan pekerjaan perbaikan bahu jalan itu.

Ketua Pemuda Depag ini juga berharap, dengan pembenahan jalan yang dilakukan ini mudah-mudahan Pemda Kota Ambon dapat memprogramkan rehabilitasi jalan ini termasuk drainase agar berfungsi dengan baik. Sehingga jalan ini selain  sudah dalam kondisi  yang layak juga akan lebih lebar.

Selain itu, Juliandri juga berharap, agar kegiatan ini menjadi wahana dalam menggugah hati bagi deccision maker Kota Ambon untuk sesegera mungkin merehab jalan ini.

Apalagi, diketahui musim penghujan yang puncaknya bulan Juni, Juli dan Agustus setiap tahunnya, dapat lebih mememperparah kerusakannya, jika tidak dilakukan rehabilitasi.

Sekiranya jalan ini direhab, tentu saja Jl. Gunung Malintang yang menuju ke Puncak sekitar 300 meter dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan kondisi baik dan terhindar dari kemacetan dan  kecelakaan akibat bahu jalan yang memang sempit.

Sekedar diketahui, Jalan Gunung Malintang, depan Kantor Pertanahan dan Agraria Kota Ambon ini merupakan jalan alternative, atau jalan penghubung antara masyarakat dari kebun cengkeh ke pusat perbelanjaan  Maluku City Mall (MCM) juga menjadi akses jalan ke Jembatan Merah Putih (JMP) serta ke Kampus STAIN dan Kampus Universitas Pattimura serta sekolahan lainnya.

Jika Pemkab Ambon membiarkan kerusakan jalan ini, menurut Juliandri, akan berdampak pada ketidaklancaran dan ketidaknyamanan pengguna jalan, baik kendaraan roda empat maupun roda dua serta pejalan kaki.

Bukan hanya itu, tambah Juliandri, aktifitas masyarakat juga terganggu, bahkan apabila kendaraan roda empat berpapasan dengan mobil dari arah yang berlawanan, maka yang lain harus mengalah atau berhenti karena lebar jalan yang tidak memungkinkan dan  diperparah dengan tanjakan yang cukup terjal dan kondisi berlubang serta sempit lagi, ujarnya. (*)




Tidak ada komentar