Breaking News

Buka Musrenbang Anak, Bupati Soppeng Harapkan Pemikiran Brilian untuk Kemajuan Daerah



Reporter : Amiruddin Baringeng

Editor : Suherman


SUARA PALAPA, SOPPENG
; -- Bupati Soppeng diwakili Sekretaris Daerah Drs. H. A. Tenri Sessu, M.Si menghadiri sekaligus membuka acara Musrenbang Anak 2020,  dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kab. Soppeng di ruang rapat Kantor Gabungan Dinas Soppeng (Gadis), Jl. Salotungo Watansoppeng, Kamis 28 Februari 2019.

Musrenbang Anak ini mengambil tema "Hak Anak Berpartisipasi dalam Perencanaan Penbangunan."

Peserta Musrenbang Anak ini berasal dari perwakilan sekolah-sekolah mulai dari SD, SMP hingga SMA/ Sederajat.

Plt. Bappelitbangda Kamaruddin, SE, M.Si selaku pelaksana kegiatan dalam laporannya, mengatakan, selain sebagai kewajiban pemerintah, Musrenbang Anak ini juga bertujuan sebagai media Komunikasi dalam membangun pengertian antara anak-anak dengan orang tua, dewasa serta pemerintah dalam pemenuhan hak Anak.

Dikatakan, Pemerintah Daerah juga perlu melakukan klarifikasi atas kegiatan prioritas pembangunan yang responsif terhadap anak.

Dalam Sambutan Bupati Soppeng, dibacakan Sekretaris Daerah, mengatakan, keterlibatan anak dalam proses pembangunan sejak dari tahapan perencanaan sesuai dengan usia dan kapasitas, antara lain dengan melibatkan anak dalam Muserenbang, kata Bupati Soppeng pada salah satu bagian dalam sambutannya dibacakan Sekda Soppeng ini.

Tindak lanjut Musrenbang anak, lanjutnya, juga sudah konkrit hasilnya. Pemerintah Daerah sudah memberikan perhatian yang besar terhadap pemenuhan hak anak.

Hal ini dapat kita lihat dengan Penyediaan Ruang Terbuka Ramah Anak (RTRA), Taman Kalong, dan pemberian Beasiswa untuk anak berprestasi tingkat SD, SMP hingga SMA bahkan sampai ke perguruan tinggi.

Menurut Bupati Soppeng pada bagian lain dalam sambutannya,  dibacakan Sekda Soppeng itu, kalau semua ini, adalah bukti keseriusan Pemerintah Daerah.

"Sehingga kita dapat melihat hasilnnya, yaitu dengan diraihnya penghargaan Nasional sebagai Kabupaten Layak Anak Tahun 2018. Serta penghargaan tingkat Nasional sebagai Sekolah Ramah Anak yaitu MAN 1 Watansoppeng, tegasnya.

Dikatakan, berdasarkan Data terakhir dari Dinas Kenpendudukan dan Catatan Sipil Kab. Soppeng dari 234.848 jiwa penduduk Kab. Soppeng, terdapat 10,47% usia lebih 65 tahun, 68,42% usia 15-64 tahun dan 21,11% usia 0-14 tahun.

Apabila mengacu pada usia anak 0-18 tahun maka penduduk Kab. Sopeng yang tergolong usia anak sekitar 30%", tuturnya.

Angka ini, tambahnya, perlu mendapatkan perhatian dalam penyusunan kebijakan.

"Pemikiran yang brilian untuk kemajuan daerah kita ini, kami menunggu ide-ide kalian yang akan kita terapkan dalam pembangunan," tutupnya.

Turut hadir pada acara ini seluruh SKPD, para Camat se-Kab. Soppeng, Kepala Bagian Setda Soppeng dan sejumlah Kepala Sekolah. (*)


Tidak ada komentar