Breaking News

Rudi Darmawansyah Narasumber Workshop Kewirausahaan Faperta Unes


Dekan Fakultas Pertanian Unes memberikan sambutan (tengah) dan kanan pemateri Rudy Darmawansyah. (foto : dokumen kampus)

SUARA PALAPA, PADANG; -- Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Ekasakti Padang  (Unes) Dr. Ir. I Ketut Budaraga, M.Si secara resmi membuka Workshop Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Hima Teknologi Hasil Pertanian, Rabu (19/12) kemarin di Lantai IV Gedung Fakultas tersebut di kampus Unes Jl. Veteran Dalam Padang Sumatera Barat.

Workshop Kewirausahaan yang mengusung thema, Mendukung Pengembangan Teknologi dalam Bidang Pengolahan Hasil Pertanian” ini, diikuti 75 mahasiswa Semester I tahun akademik 2018/2019 dengan menampilkan Narasumber Rudy Darmawansyah CEO Kacinamo Kanva Casia Vera.

I Ketut Budaraga memberikan Apresiasi kepada Panitia Workshop Kewirausahaan Hima Teknologi Hasil Pertanian Faperta Unes itu, guna peningkatan wawasan, kegiatan seperti ini harus terus digalakkan.

"Jangan  berharap menjadi Pegawai Negeri, buka usaha sendiri dan mandiri jangan bergantung kepada orang lain," harapnya.

Untuk menjadi  orang cerdas dan berhasil bukan memakan waktu sebentar, tapii melalui proses yang panjang.  Hasil pertanian itu bisa menjadi nilai tambah, bila diolah dengan baik dan berkualitas.

I Katut Budaraga  mencontohkan, di daerah Mentawai banyak potensi  hasil pertanian belum tergarap seperti sagau, perlu diolah secara profesional, ujarnya.

Mahasiswa harus kreatif kalau ingin  sukses, jangan menunggu apa adanya dari Kampus, lulusan Fakultas Pertanian harus mempunyai kompetensi dan keahlian serta mampu bersaing dengan lulusan Perguruan Tinggi lainnya," katanya memberikan motivasi kepada mahasiswanya

"Mahasiswa Fakultas Pertanian, tambahnya, harus bisa mencari ilmu di luar kampus, dan melaksanakan Seminar, Workshop dan Pelatihan minimal 6 kali."

Narasumber Rudy Darmawansyah yang memberikan materi pada workshop itu menjelaskan, bahwa bisnis diperlukan motivasi, mindset dan make it (just do it).

Dipaparkan, ada, 3 jenis usaha dalam berbisnis,

Pertama:

Necessity Entrepreneur menjadi wirausaha karena terpaksa dan desakan kebutuhan hidup.

Kedua;

Replicative yaitu cenderung meniru-niru bisnis yang sedang ngetren, sehingga rawan terhadap persaingan dan kejatuhan.

Ketiga;

Inovative Entrepreneur yaitu wirausaha yang terus berfikir kreatif dalam melihat peluang dan meningkatkannya.

Dipaparkan, seorang wirausaha harus memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan dan bisnisnya, kalau mau sukses, paparnya, harus memiliki impian dan misi yang jelas tentang masa depan bisnisnya.

Seorang wirausaha yang sukses, tambah Rudi, memiliki kemampuan untuk mengambil  keputusan secara akurat, penuh perhitungan dan tidak lamban serta tidak pula ragu-ragu dalam pengambilan keputusan.

Dari Lantai IV Gedung Fakultas Pertanian Universitas Ekasakti Jl. Veteran Dalam Kota Padang Sumatera Barat, Rabu, 19 Desember 2018, Ka Humas Unes-AAI Padang, H. Syarifuddin, SE, M Hum, memberitakan. (sul)


Tidak ada komentar