Breaking News

E-Tilang Solusi Permasalahan Berlalulintas


Oleh: Uswatun Hasana

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI Makassar


Kota Makassar mulai memberlakukan E-tilang atau  Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE). 

Kota Makassar merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia, tidak bisa dipungkiri salah satu problem dihadapi yakni sulit mengendalikan angka pelanggaran lalu lintas, menyebabkan kecelakaan, kemacetan setiap hari terus meningkat.

Para pengendara tidak terlalu peduli dengan masalah kedisiplinan, bahkan belum mengerti cara berlalu lintas yang baik dan benar di jalan raya.

Keberadaan E-Tilang bisa menjadi solusi permasalahan berlalu lintas seperti mengurangi kecelakaan, mengatasi jumlah personil kepolisian yang jumlahnya masih sangat terbatas.

Penerapan E-Tilang harus diterapkan di Kota Makassar mengingat tabiat buruk pengendara sudah semakin akut.


Apalagi kesadaran masyarakat dalam berkendara masih sangat rendah, kalau mau jujur setiap hari bisa diihat banyak pelanggaran terjadi, seperti menerobos lampu merah, tidak memakai helm, ugal-ugalan, lawan arah bahkan lupa membawa STNK dan tidak memiliki SIM itu semua tidak bisa diawasi secara langsung mengigat jumlah personil polisi yang terbatas.

E-Tilang tidak perlu ragu diterapkan di masyarakat, apa lagi tujuannya demi ketertiban dan keselamatan bersama. Masyarakat butuh perubahan dalam berlalulintas, masyarakat sudah bosan dengan kebudayaan berlalu lintas di kota Makassar. Tujuan E-Tilang agar pengendara lebih disiplin berlalu lintas, saat ini CCTV sudah dipasang di 15 titik di Kota Makassar, seperti di simpang lima bandara, simpan empat Daya, Telkomas, bawah Fly Over, atas Fly Over.

Jalan Lanto Dg.  Pasewang-Ratulangi, Rujab Gubernur Jl.  Sudirman, lalu di Jl.  Masjid Raya-Jl. Bandang, Jl. Andalas-Jl. Tentara Pelajar, Jl. Haji Bau- Jl. Penghibur dan Jl.  Bawakaraeng-Jl. Latimojong.

Bahkan berlaku juga di Jl.  Bawakaraeng- Jl.  Veteran, Jl. Gunung Latimojong-Jl. Sungai Saddang, Jl. Tentara Pelajar-Jl. Wahidin, Jl. Toddopuli-Jl. Anggrek, depan Polrestabes Makassar, Teras Balaikota, Roof Top Hotel Sahid Jl. Ratulangi, Jl. Adyaksa-Jl. Pengayoman dan Monumen Mandala.

Pemberlakuan E-Tilang di hampir semua ruas jalan sangat baik dan efektif, namun tentunya penerapan ini juga butuh sosialisasi kepada masyarakat.

Agar kebiasaan berkendara yang menyalahi aturan bisa diminimalisir, sehingga peluang untuk melanggar aturan jalan juga tidak menyebabkan kemacetan di Kota Makassar.


Tidak ada komentar