Breaking News

Ajiep Padindang Bicara Ekonomi Berkeadilan di Wisuda STIE PI Makassar



SUARA PALAPA, MAKASSAR; -- Ketua Komite IV-DPD RI yang sekaligus anggota DPD RI-B.102 Sulawesi Selatan, Dr. H. Ajiep Parindanh, SE., MM.
membawakan orasi ilmiah pada acara wisuda sarjana Angkatan XXI Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Indonesia (STIE-PI) Makassar di Hotel Claro Makassar, Sabtu (29/12/2018).

Orasi ilmiah yang dibawakan oleh Ketua Komite IV DPD-RI ini bertema "Membangun Ekonomi yang Berkeadilan untuk Memajukan Kesejahteraan Umum NKRI".

Dalam orasinya mengatakan, membangun perekonomian Indonesia adalah bagian dari pada pembangunan  nasional yang dilaksanakan secara berkesinambungan untuk mewujudkan tujuan nasional.

Benda tidak harus dilihat secara fisik, sebab benda bisa berwujud dan tidak berwujud (intagible), maka dalam pandangan ekonomi produksi, udara adalah benda yang dapat memberi nilai keuntungan, ujarnya.

Dijelaskan juga,  perekonomian nasional sekarang ini, praktiknya menjadi liberal sebab kita tidak dapat lagi mengelak dari pasar bebas.

Dan memang tidak perlu menghindar, tetapi seharusnya kita mangelola potensi perekonomian kita untuk dapat bersaing dalam pasar global, tuturnya.

Ketika perekonomian di dunia sedang bergejolak dalam beberapa tahun terakhir, kenyataannya jadi terbalik yakni perekonomian negara membaik.

Sebab nilai tukar rupiah atas dollar menjadi naik, sehingga lifting minyak dan gas, memberikan keuntungan besar, ungkapnya.

Kita sedang bergelut dan mencari bentuk untuk mampu bermain, bukan larut dalam permainan ekonomi dunia, lagi-lagi kita dihanyutkan dengan sistem pemasaran berbasis teknologi.

Kita tidak boleh terus larut dalam dunia globalisasi perekonomian dunia dan dampaknya jelas terasakan, memang perekonomian Indonesia sudah tergantung pada perekonomian global, tandas Ajiep.

Hadir dalam acara tersebut Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo diwakili Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi, Munawir S Razak, S.Ip,  MA.

Ketua STKIP PI Makassar. Dr. Muh. Yunus M.Pd, Direktur PPs-STKIP PI Makassar, Dr.  Muhammad Yahya, M.Pd dan Bupati Gowa diwakili Sekda Gowa, Muhlis, SE,  M.Si.

Selain itu hadir juga Pendiri Yayasan Pembangunan Indonesia, Hj. Asizah Patompo, dan Ketua Yayasan Pembangunan Indonesia, Andy Chaeruddin Patompo. (ma'ruf)


Tidak ada komentar